Honda

Palembang Hari Ini Cerah, Besok Muara Rupit dan Mura Hujan Petir

Palembang Hari Ini Cerah, Besok Muara Rupit dan Mura Hujan Petir

Prakiraan Cuaca Senin 2 Januari 2023 di Sumatera Selatan-Ilustrasi Jawapos-Fajar.co.id

PALEMBANG, PALPRES.COM –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui laman webnya, bmkg.go.id, kembali merilis prakiraan cuaca untuk sejumlah wilayah di Sumatera Selatan hari ini Minggu (07/8) dan Senin besok (8/8).

Untuk hari ini, BMKG merilis prakiraan cuaca didominasi cuaca cerah, cerah berawan dan berkabut di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan.

Diprediksi hujan baik ringan, sedang hingga deras, tidak akan turun hari ini.

Hujan petir malah diprediksi berpotensi terjadi Senin besok (8/8).

BACA JUGA:Musim Kemarau, Tapi Masih Hujan? Ini Penjelasan dari BMKG

Menurut peringatan dini BMKG, potensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang besok akan terjadi pada dinihari di Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuklinggau, Empat Lawang dan OKU Selatan.

Untuk Kabupaten dan Kota di Sumsel besok, umumnya cerah dan cerah berawan, denga siang hari diwarnai hujan ringan di Lubuklinggau.

Pada dinihari diprediksi hijan petir akan terjadi di Muara Rupit dan Musi Rawas, sedang bersamaan terjadi hujan sedang di Muara Dua.

Sementara itu, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia 16 hingga 23 Juli 2022.

BACA JUGA: BMKG Sebut Wilayah di Jawa Terancam Disapu Tsunami Setinggi 10 Meter

Kepala Pelaksana BPBD OKU, Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi mengatakan, masih turunnya curah hujan ini disebabkan oleh masih aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer skala global-regional yang cukup signifikan. Diantaranya, yaitu fenomena La Nina yang pada bulan Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah.

"Kondisi tersebut masih turut berpengaruh terhadap penyediaan uap air secara umum di atmosfer Indonesia," kata Gunalfi, saat membacakan siaran pers dari Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto di Jakarta, Sabtu (16/07/2022).

Dijelaskannya, Selain La Nina,  fenomena Dipole Mode di wilayah Samudra Hindia saat ini juga menunjukkan indeks yang cukup berpengaruh dalam memicu peningkatan curah hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat.

Sementara itu, dalam skala regional, terdapat beberapa fenomena gelombang atmosfer yang aktif meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan awan hujan, yaitu;  MJO (Madden Jullian Oscillation), gelombang Kelvin, dan gelombang Rossby yang terjadi pada periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id