Honda

Herman Deru Ajak ASFC Lestarikan Ekosistem Ikan

Herman Deru Ajak ASFC Lestarikan Ekosistem Ikan

Herman Deru Ajak ASFC Lestarikan Ekosistem Ikan -Foto: Bethanica Susmanda/palpres.com-Palpres.com

PALEMBANG,PALPRES.COM -  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru Mengajak  ASFC (Anggler Sumsel Fishing Club) bersama-sama melestarikan ekosistem ikan dengan cara memancing yang sehat.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Sumsel saat membuka lomba memancing ikan gabus yang digelar ASFC di Taman Wisata Punti Kayu, Ahad (7/8).

Mengusung tema Gabus Metropolitan Casting Tournament 2022 ini memperebutkan Piala Gubernur Sumsel sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-6 ASFC dan HUT RI ke 77.

“Pada waktu ASFC berkunjung ke kantor saya, menyampaikan niatnya untuk dapat menyelenggarakan lomba memancing gabus, saya tanya pertama, apa yang saya bisa bantu, namun jawabnya tidak ada semua sudah siap. Ini merupakan bentuk semangat yang luar biasa dari teman-teman komunitas,” ungkap Herman Deru.

BACA JUGA:Herman Deru Surati Menhub Minta Buka Kembali Penerbangan Langsung Palembang-Jeddah, Ini Alasannya

Menurut Herman Deru lomba memancing merupakan kegiatan yang positif dalam upaya menjaga ekosistem dengan tidak merusak lingkungan apalagi memancing ini juga untuk menjaga kesehatan.

"Saya begitu senang untuk datang ke lomba ini karena yang dipancing ini karena ikan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumsel. Kalau lomba menangkap ikan dengan cara mutas (bahan kimia,red) atau disentrum, saya tidak akan datang, sebab perbuatan demikian akan  merusak ekosistem lingkungan," kata Herman Deru.

Bapak Pembangunan Sumsel itu mengajak para pemancing untuk melestarikan lingkungan untuk tidak melakukan atau mengambil ikan dengan cara merusak ekosistem.

“Ikan Gabus merupakan yang paling dicari di Sumsel, selain sebagai bahan dasar membuat makanan khas Palembang yaitu Pempek, ikan gabus ini juga banyak dikonsumsi karena kandungan di dalam ikan yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Maka  dari itu, ekosistem nya juga harus dijaga. Jadi saya minta kalau memelihara ikan, jangan lagi ikan yang memakan anak-anak ikan Gabus ini. ini juga menjadi tugas ASFC untuk mengkapanyekannya,”imbaunya.

BACA JUGA:Herman Deru Ajak Seluruh Masyarakat Perkokoh Nilai Pancasila

Herman Deru melanjutkan, Sumsel yang memiliki daerah rawa-rawa yang luas sangat menguntungkan untuk populasi ikan Gabus, namun populasi ikan Gabus terbanyak masih di Kalimantan.

“Maka dari itu saya meminta ASFC, Dinas Perikanan Provinsi dan Kabupaten/Kota  untuk memikikrkan regenerasinya, ayo  kita tangkap dengan cara yang benar, harus tebar benih, jadi kalau ambil satu ganti seribu, kita sama-sama sebagai warga negara harus punya inisiatif untuk menjaga kelestarian ikan Gabus ini,”pungkasnya.

Selain memancing Gubernur Herman Deru juga melakukan penebaran benih ikan, Gubernur Terinovatif itu mengatakan bahwa cara ini salah satu upaya untuk mempertahankan spesies ikan gabus dan ikan lainnya. Sebab ikan gabus banyak sekali manfaatnya.

Untuk lebih menyemarakkan perlombaan memancing ikan gabus ini, Gubernur Herman Deru juga menghadiahkan satu unit sepeda motor bagi peserta lomba yang beruntung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: