Honda

Latgabma Super Garuda Shield 200 di Sumatera Selatan Berjalan Lancar

Latgabma Super Garuda Shield 200 di Sumatera Selatan Berjalan Lancar

Gubernur Sumsel Herman mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyaksikan Latihan Hirain/C-Rain Latma Garuda Shield-16/2022. -palpres.com-Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COM - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyaksikan Latihan Hirain/C-Rain Latma Garuda Shield-16/2022 dalam rangka Super Garuda Shield 2022 Matra Udara di VIP Room Bandar Udara (Bandara) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Selasa (9/8/2022).

Kepada awak media di sela-sela menyaksikan latihan ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, kemarin merupakan hari bersejarah bagi TNI karena untuk pertama kalinya interaksi cepat yaitu menggunakan senjata angkatan darat artileri medan sistem canon bersama prajurit Amerika Serikat.

"Pertama kalinya kita lakukan interaksi cepat senjata angkatan darat artileri dengan kaliber 155 mm dengan berat 18,4 ton dipindahkan secara mobile ke dalam pesawat Hercules C30 dan melakukan manuver bersama prajurit Amerika Serikat yang menggunakan sistem roket," ulas Andika.

BACA JUGA:Kodam II/Swj Siap Sukseskan Latma Garuda Shield 2022

Dia menyebut, dalam skenario latihan bagaimana menghadirkan senjata bantuan dengan jarak jauh menggunakan pesawat. Dan tentunya ini akan menambah jam terbang bagi personil yang terlibat dalam latihan. 

"Jadi skenario latihan ini pertama kali kita lakukan, menggelar alat utama sistem senjata (alutsista) di daerah dengan landasan yang bisa dilewati pesawat Hercules," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andika mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel yang telah mendukung kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) 13 negara Super Garuda Shield 200 di Sumsel hingga berjalan lancar.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur dan Forkopimda Sumsel serta para instansi lainnya seperti Bandara SMB II yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar," ungkapnya.

BACA JUGA:Adanya Latihan Bersama Super Garuda Shield, OKU Timur Makin Dikenal Dunia

Dalam latihan ini para prajurit TNI Angkatan Udara bersama prajurit Amerika Serikat melakukan manuver menggunakan pesawat Hercules membawa alutsista dan diturunkan dari pesawat selanjutnya digunakan membidik sasaran dengan jarak jauh. 

Turut hadir pada kesempatan ini, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono, Dankodiklat TNI Letjend TNI Bambang Ismawan, Danpuslaylt Kodiklat TNI Marsda Tcahyodi, Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati serta para Kepala OPD Sumsel dan pejabat TNI/Polri. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com