Honda

Pengurus Forum Daerah Aliran Sungai Banyuasin Dilantik

Pengurus Forum Daerah Aliran Sungai Banyuasin Dilantik

Bupati Banyuasin H Askolani melantik Pengurus Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Banyuasin periode 2021-2026 di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (11/8/2022). -Foto: istimewa-Palpres.com

PANGKALAN BALAI, PALPRES.COM – Pengurus Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Banyuasin periode 2021-2026 resmi dilantik.  

Pelantikan dilakukan Bupati Banyuasin H Askolani di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (11/8). Fauzi terpilih sebagai Ketua Forum DAS Banyuasin.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, melalui surat keputusan nomor 928/KPTS/DLH/2021, pihaknya telah membentuk Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kabupaten Banyuasin.

Pemerintah memiliki fungsi sebagai wadah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan daerah aliran sungai.

“Dengan dilantiknya kepengurusan Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai periode 2021-2026, besar harapan saya agar pengurus dapat mengemban tugas dan amanah yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab hingga lima tahun ke depan. Melalui tata kelola DAS secara terpadu, untuk mendukung program Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera,” katanya.

Daerah aliran sungai berperan penting dalam menjaga lingkungan. Termasuk menjaga kualitas air, mencegah banjir, dan kekeringan saat musim hujan dan kemarau.

Begitu juga dengan aliran sungai di Kabupaten Banyuasin. Sungai merupakan sumber kehidupan dan penghidupan bagi masyarakat.

“Keberhasilan pengelolaan DAS sangat ditentukan dengan adanya koordinasi, peran serta masyarakat, swasta dan instansi terkait. Sehingga diperlukan adanya wadah yang ikut menangani pengelolaan DAS dalam kerangka pendayagunaan sumber daya alam agar mampu memberikan manfaat optimal sesuai daya dukung dan daya tampungnya,” tutup Bupati Banyuasin.

Turut hadir Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Oskar Devi Presta, Kapokja Sumsel BRGM Desi Efnidawesty, Sekretaris Forum DAS Sumsel Ruly Joko Purwanto, Wakil Ketua l DPRD Banyuasin Sukardi, dan para kepala OPD Pemkab Banyuaisn. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: