Honda

Pempek Syamil, Sulap Ikan Berduri Jadi Pempek Kaya Nutrisi

Pempek Syamil, Sulap Ikan Berduri Jadi Pempek Kaya Nutrisi

Sulap Ikan Berduri Jadi Pempek Kaya Nutrisi--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Siapa yang tidak kenal dengan empek-empek. Makanan khas Kota Palembang ini terbuat dari olahan ikan dan tepung.

Berbeda dari biasanya, Pempek Syamil Palembang menyulap ikan berduri menjadi Pempek yang kaya nutrisi.

Dengan mengusung konsep pemberdayaan kampung nelayan lokal dan ibu ibu pesisir sungai musi, salah satu menu yang dijual Pempek Syamil Palembang yakni pempek hitam ikan sungai.

“Biasanya kan para penjual pempek itu menggunakan olahan ikan belida, gabus dan lainnya. Namun kami berbeda dengan membuat pempek olahan ikan lampam. Selain rasanya yang gurih, pempek ikan sungai ini juga memiliki kandung nutrisi yang banyak sehingga cocok di konsumsi oleh segala umur,” kata Owner Pempek Syamil, Kartini, Kamis (11/08/2022).

BACA JUGA: Raih Harapan 3 Lomba B2SA, Lubuk Selo Tampilkan Pempek Pelangi Bianglala hingga Minyak Kelapa

Dia menjelaskan, Ikan lampam atau biasa disebut iwak betina merupakan ikan yang jarang diminati masyarakat Kota Palembang. Selain tubuhnya yang kecil, ikan ini juga banyak memiliki duri halus pada tubuhnya.

Menurut penelitian ikan lampam ini, memiliki banyak nutrisi yang baik bila dikonsumsi ibu hamil dan anak anak dalam masa pertumbuhannya.

“Kami mengolah ikan berduri ini dengan menggunakan metode dan innovasi yang tepat sehingga menghasilkan pempek dengan citarasa yang enak dan kriuk serta dapat meningkatkan value atau nilai ekonomis dari ikan berduri ini,“ akunya kepada Palpres.com.

Diakuinya, pempek yang sudah berdiri sejak 2016 ini, sudah memiliki sertifikasi Halal MUI, Sertifikasi Kelayakan Pengolah (SKP), izin edar MD BPOM, dan juga SNI untuk memberikan keamanan pangan dan jaminan mutu kepada konsumen.

BACA JUGA:Sulap Sayuran Hidroponik Jadi Pempek Warna-Warni

“Salah satu varian yang kami jual adalah pempek sehat mocaf gluten free. Pempek sehat mocaf ini terbuat dari ikan giling segar dan tepung mocaf atau biasa disebut tepung singkong yang banyak tumbuh di provinsi sumatera selatan. Tepung mocaf ini kami pilih untuk menyediakan produk pempek yang free gluten, tinggi kalsium dan serat untuk menjadi cemilan makanan sehat,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pempek Syamil saat ini ikut menyemarakkan event iFortepreneur 4.0 "UKM Bangkit dan Melaju dengan Digitalisasi" yang diadakan oleh @officialforte.

“Melalui kegiatan ini, akan menambah pengalaman kami serta bisa belajar dengan pakar di bidang bisnis bila di nyatakan menang. Selain itu dapat menambah branding Pempek Syamil agar bisa dikenal secara nasional. Serta menamnah jaringan dan relantionship di seluruh indonesia,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: