Honda

Panglima Andika Tinjau Langsung Latihan Puncak Calfex Garuda Shield 2022

Panglima Andika Tinjau Langsung Latihan Puncak Calfex Garuda Shield 2022

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aguilino meninjau pelaksanaan latihan puncak Combined Arms Life Fire Exercise (Calfex) atau latihan tembakan munisi tajam terintegrasi antar kecabangan Super Gar-Arman-Palpres.com

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aguilino meninjau pelaksanaan latihan puncak Combined Arms Life Fire Exercise (Calfex) atau latihan tembakan munisi tajam terintegrasi antar kecabangan Super Garuda Shield 2022.

Pelaksanaan latihan puncak tembakan amunisi tajam terintegrasi ini bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad Martapura-Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (12/8/2022). 

Diketahui, latihan Calfex ini untuk memvalidasi kemampuan komandan lapangan dalam merencanakan dan melakukan tembakan langsung yang cepat secara taktis, aman dan realistis.

Selain itu, latihan Calfex ini juga menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran. 

BACA JUGA:Sukseskan Latma Super Garuda Shield 2022, Pertamina Patra Niaga regional Sumbagsel Pasok 520 KL Avtur

Kemudian, latihan Calfex dimaksudkan untuk membantu berlatih mengendalikan banyak satuan tempur antar kecabangan dalam formasi.

Dimana banyak aset untuk mendukung formasi tersebut, untuk menyinkronkannya dalam ruang dan waktu. 

Adapun jumlah personel yang terlibat dalam Combined Arms Life Fire Exercise, terdiri dari TNI AD sebanyak 698 personel, US ARMY sebanyak 750 personel dan Australia sebanyak 88 personel. 

Sedangkan persenjataan dan Alutsista yang dìgunakan antara lain, Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli AH-64 Apache dan Heli UH-60 Blackhawk kemudian, Helly Bell 412, ASTROS, HIMARS, MO 60, MO 81.

Latihan gabungan sudah berlangsung dari 1 Agustus hingga 14 Agustus mendatang, dengan mencakup latihan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir. Latihan ini dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama serta menciptakan komunikasi antar personel negara yang terlibat.

BACA JUGA:Tinjau Calfex Super Garuda Shield 2022, Panglima TNI Saksikan Penembakan Terintegrasi

Super Garuda Shield tahun ini merupakan sebuah ajang latihan bersama dengan skala yang cukup besar antara Indonesia dan negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik yang melibatkan total 5.069 personel dengan rincian TNI 3.455 personil (AD 1.995, AL 704 dan AU 756), Amerika 1.337 personel, Australia 91 personel, Jepang 110 personel, Singapura 52 personel, Malaysia 3 personel, Inggris 2 personel, Papua Nugini 5 personel, Timor Leste 4 personel, India 2 personel, Kanada 3 personel, Selandia Baru 2 personel dan Korea Selatan 3 personel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: