Honda

Mitra Binaan Kilang Pertamina Plaju Ubah Limbah Non B3 Jadi Komposter

Mitra Binaan Kilang Pertamina Plaju Ubah Limbah Non B3 Jadi Komposter

Kak Elonk dan Tahyudi menjelaskan seluk beluk pengelolaan limbah non B3 dan pembuatan komposter di hadapan pekerja dan mitra kerja PGN yang tampak antusias. --Dok Kilang Pertamina Plaju

PALEMBANG, PALPRES.COM- Mitra binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) semakin gencar berbagi ilmu.

Sosok yang dimaksud ini adalah warga Kecamatan Plaju, dan menjadi mitra binaan Kilang Pertamina Plaju dalam implementasi program CSR di kampungnya. 

Dengan keahlian dan kecakapan yang dimiliki dalam mengolah berbagai kerajinan, mereka bahkan diundang secara khusus oleh perusahaan lain.

Nama Choirul Bahri atau yang akrab disapa Kak Elonk mungkin tidak asing lagi di Kota Palembang. Sosok local hero ini dulunya seorang seniman dengan segudang kreativitas di genggamannya. 

BACA JUGA:Kembangkan Solusi Finansial Digital, Bank Mandiri Gandeng Sekolah

Lorong Mari, Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju Ulu, tempat ia bermukim, dengan tangan dingin Kak Elonk yang juga mitra binaan program CSR Mari Berkreasi, berhasil dirias menjadi cantik dan ciamik, didesainnya menjadi destinasi wisata perkotaan, di tengah padatnya rumah-rumah penduduk.

Dengan pernak pernik menggantung di dinding-dinding warna-warni rumah warga yang diolah dari limbah non B3 Kilang Pertamina Plaju, lorong ini bahkan masuk nominasi 300 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021 lalu.

Tak hanya itu, Kak Elonk yang juga dikenal pegiat lingkungan ini punya pengetahuan dan keahlian dalam pengelolaan sampah. Misalnya, pembuatan pupuk organik (komposter). Ia bahkan sering diminta membagikan ilmunya kepada masyarakat di lorong-lorong lain guna replikasi keahlian.

Pada Jumat (5/8/2022) lalu, Kak Elonk, bersama Tahyudi yang juga salah seorang mitra binaan lainnya, didampingi Community Development Officer (CDO) dari Kilang Pertamina Plaju secara khusus diundang oleh PT PGN Stasiun Pagar Dewa di Dusun 4, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, untuk memberikan pelatihan pembuatan komposter.

BACA JUGA: Hendak Ambil Tebu, Bocah 12 Tahun Tewas Tersengat Listrik

Kak Elonk dan Tahyudi menjelaskan seluk beluk pengelolaan limbah non B3 dan pembuatan komposter di hadapan pekerja dan mitra kerja PGN yang tampak antusias. 

Dua local hero mitra binaan Kilang Pertamina Plaju itu sudah mahir dalam mengajarkan cara pemilahan sampah rumah tangga.

Kepala Operation & Maintenance Fasilitas PGN Stasiun Pagar Dewa, Dodi Sukma Wijaya berujar bahwa pelatihan pupuk organik dan pengelolaan limbah non B3 ini adalah upaya mendukung perusahaan dalam meraih PROPER Emas di tahun ini.

Mereka lantas mengajak peserta mempraktikkan pembuatan pupuk organik dengan bahan berupa molase, EM4, gula merah, serasah daun, dan alat berupa mesin pencacah dan tong pengolahan pupuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: