Honda

Panen Singkong Raksasa Bobot 40 Kg dalam Serumpun

Panen Singkong Raksasa Bobot 40 Kg dalam Serumpun

Berta, pemilik kebun, sedang mengangkat singkong berukuran raksasa, dengan memiliki bobot 40 Kg.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Tak disangka ternyata ada singkong yang memiliki bobot mencapai 40 Kg dalam serumpun. Tanaman ini tumbuh dengan subur di kebun Berta, warga Mayan Serumpun, Desa Tanjung Payang, Kecamatan LAHAT Selatan, Kabupaten LAHAT.

Berta hobi menanam buah, beragam buah ia tanam di kebun, dekat rumahnya di Mayan Serumpun, mulai dari tanaman mangga, jeruk, pisang, buah naga, kelapa hingga durian dan sekarang buah durian di kebunnya sedang lebat lebatnya. 

Tidak hanya itu saja, Berta juga rupanya jago membuat bibit buah sendiri, dengan sistem sambung salah satunya, bibit durian.

Terkait Singkong, Berta mengatakan, menanamnya sudah hampir setahun untuk teknik menanamnya tidak sembarang. Mulai dari jenis tanah, arah tanaman, dan pupuk yang digunakan.

BACA JUGA:Fitrizal : Usia 77 Tahun, Perubahan Bagi Bangsa Indonesia

BACA JUGA:Ratusan Orang Daftar Lomba Lari 10 KM Road To Ayo Ngelong ke Lubuklinggau

Alhasil, tanaman Singkong tumbuh subur, satu rumpun singkong berat umbi/ubi mencapai 40 Kg. Panjang ubi hingga 90 centimeter, atau hampir satu meter, kondisinya gemuk-gemuk.

“Saya tadi panen Singkong, untuk bantu warga, ada yang mau buat kolak durian dan singkong saat perlombaan HUT RI 17 Agustus ini,” ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Sementara itu, Ade salah satu warga setempat menerangkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Berta. Telah membantu Durian dan Singkong. Pada 17 Agustus ini, ada Lomba Panjat Pinang, Lomba Bakiak, dan lain lain, di depan Rafika 1.

“Kolak Durian akan dimakan bersama sama oleh warga. Jadi, menyaksikan lomba, sambil makan kolak durian,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: