Honda

Keluarga Thalassemia OKU Timur Butuh Rumah Singgah

 Keluarga Thalassemia OKU Timur Butuh Rumah Singgah

Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur didampingi oleh Direktur RSUD OKU Timur dr H Sugihartono, saat menerima audiensi dari Perkumpulan Keluarga Thalassemia di Ruang Audiensi Puri Sebiduk Sehaluan-Arman-palpres.com

OKU TIMUR,PALPRES.COM-Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta, Sp A, M Kes didampingi oleh Direktur RSUD OKU Timur dr H Sugihartono menerima audiensi dari Perkumpulan Keluarga Thalassemia di Ruang Audiensi Puri Sebiduk Sehaluan, 16 Agustus 2022.

Dalam audiensi kali ini, Ketua TP PKK yang juga Plt Ketua PMI Kabupaten OKU Timur  ini mendengarkan keluh kesah yang disampaikan oleh Perkumpulan Keluarga Thalassemia.

Sheila menyampaikan, bahwa yang menjadi keluhan oleh Keluarga Thalassemia sangatlah kompleks, diantaranya persediaan darah, kesulitan untuk mendapatkan zat kelasi besi yang mungkin terbatas dari BPJS dan permasalahan lainnya.

"Untuk mengatasi apa yang dikeluhkan oleh keluarga penderita Thalassemia, kami akan berupaya untuk memperbaiki dan mengubah sesuai dengan kewenangan masing-masing OPD, jika berhubungan dengan peraturan BPJS, kami akan berkordinasi dengan BPJS" imbuhnya.

BACA JUGA:Sheila Noberta Raih Juara I Lomba IVA Test dan KB Tingkat Provinsi

Sheila juga menyadari, bahwa beberapa pasien dirujuk ke Palembang dan tentu membutuhkan anggaran yang lebih, 

"Untuk yang dirujuk ke RSMH tentu memerlukan tempat singgah untuk mengurangi pengeluaran dalam hal transportasi dan lainnya, untuk itu saya akan mendorong Pak Bupati untuk segera membangun rumah singgah tersebut," lanjutnya.

Selain rumah singgah, Sheila yang selaku sebagai Plt. PMI Kabupaten OKU Timur juga mengadakan produk darah merupakan emergency case. Untuk itu dia mengimbau dan mengajak kepada keluarga, untuk turut mencari persediaan darah.

"Saya akan mendorong agar OPD dan instansi yang ada di Kabupaten OKU Timur untuk melaksanakan donor darah massal, Keluarga Thalassemia bisa membantu mencari persediaan darah dimulai dari keluarga dan orang sekitar" kata Sheila.

BACA JUGA:Sheila Noberta: Teruslah Belajar Demi Memberikan Pelayanan Terbaik

Sementara itu Direktur RSUD Kabupaten OKU Timur dr. H. Sugihartono menyampaikan bahwa RSUD yang dipimpinnya tidak membatasi jumlah darah jika memang diperlukan pasien.

Untuk diketahui, Thalassemia merupakan penyakit keturunan, kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. 

Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Thalassemia sendiri memiliki tiga jenis yakni Thalassemia Minor, Thalassemia Intermedia, dan Thalassemia Mayor. 

 Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang bekerjasama dengan TP. PKK Kabupaten OKU Timur berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan KB tingkat Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2022.

BACA JUGA:Sheila Noberta Raih Penghargaan Dokter Penggiat Anti Stunting

Penyerahan piagam penghargaan diterima langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Zainal Abidin, S.SiT., M.M. dan Kepala Dinas PPKB Hj. Mutmainah, S.E., M.M. di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Rabu 03 Agustus 2022.

Menanggapi keberhasilan itu, Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi atas keberhasilan TP PKK Kabupaten OKU Timur atas raihan Juara I pada lomba IVA Test dan KB Tingkat Provinsi Sumsel. Beliau berharap kemenangan ini dapat semakin memotivasi seluruh tim yang terkait untuk bekerja lebih aktif untuk mencegah penyakit yang cukup berbahaya tersebut.\

"Bersyukurlah ketika jiwa dan raga mendapatkan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat sehari – hari. Karena kesehatan akan tampak berharga setelah kita kehilangannya oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati," imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com