RDPS
Honda

Warga Palembang Antuasis Saksikan Festival Bingen

Warga Palembang Antuasis Saksikan Festival Bingen

Peserta lomba makan pempek lenjer dalam acara Festival Makanan Bingen di Lorong Roda. -Foto Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ratusan warga di sekitaran Jalan Merdeka, Lorong Roda, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang antusias menyaksikan Festival Makanan Bingen yang digelar Komunitas Pemuda Kreatif Lorong Roda (Komperda), Ahad (21/08/2022).

Walaupun di tengah teriknya matahari para warga yang didominasi emak-emak dan anak-anak ini berdatangan satu persatu memadati lokasi acara. Bahkan para bapak-bapak dan nenek-nenek pun ikut meramaikan festival dalam rangka Hut Kemerdekaan RI ke-77.

Dengan pemotongan pita Festival Makanan Bingen dibuka langsung oleh Camat Bukit Kecil, Alexander MSi didampingi Bisnis Support Regional II Bank Mandiri, Widya Putra, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang (ASPPEK), Yenny Anggraini.

Ketua Pelaksana, Narto mengaku bersyukur festival sehari yang melibatkan para warga Lorong Roda dapat berjalan dengan lancar. Dengan semangatnya para warga, dia berharap tidak hanya satu tahun sekali, festival bingen bisa diadakan 1 bulan sekali bahkan 1 pekan sekali.

BACA JUGA:Muba Raih Juara Kuliner Terbaik Festival Anjungan Sumsel 2022

“Tujuannya tiada lain untuk menggerakkan dan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat walau hanya dari depan rumahnya saja,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya para masyarakat memang sudah mempunyai keahlian dalam membuat makanan bingen, tak sedikit juga yang sehari-hari sudah berjualan di depan rumahnya walaupun pembelinya hanya dari masyarakat sekitar Lorong Roda saja.

Oleh karena itu, dengan adanya acara ini diharapkan lebih banyak lagi orang yang tahu kalau di Lorong Roda ini, banyak sekali produsen-produsen makanan bingen. Pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi bahkan mensejahterakan warga Lorong Roda.

“Selain Festival Makanan Bingen, kami juga membuat panggung untuk anak-anak muda dalam menunjukkan kreatifitas mereka di bidang fashion melalui "Lorong Roda Fashion Week" dengan tema fashion tahun 70 - 80an. Setelah itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti lomba makan pempek yang ingin mengadu ketangkasannya,” akunya.

BACA JUGA:Rumah Adat dan Kuliner Empat Lawang Hiasi Festival Anjungan

Dia menambahkan, semua lomba yang adakan tanpa di pungut biaya alias gratis. Dengan hadiah yang tidak main main, dari Merchandise hingga uang tunai total jutaan rupiah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: