Honda

2 Kecamatan di OKU Rawan Banjir Bandang

2 Kecamatan di OKU Rawan Banjir Bandang

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU, Amzar Kristopa--Foto: Yenson Palpres.com

OKU, PALPRES. COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menghimbau agar masyarakat di Kabupaten OKU terutama didua kecamatan yakni Kecamatan Pengandonan dan Kecamatan Muarajaya waspada akan bahaya banjir bandang yang dapat terjadi saat musim hujan.

Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa mengatakan; dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pengandonan dan Kecamatan Muarajaya merupakan dua kecamatan yang memang kerap menjadi daerah rawan bencana banjir bandang.

Hal itu dilakukan mengingat dua kecamatan ini sering kali dilanda banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan yang disebabkan intensitas curah hujan tinggi yang berlangsung dalam waktu lama. Seperti banjir bandang yang terjadi akhir tahun 2021 merusak sejumlah fasilitas umum dan beberapa unit jembatan gantung di daerah itu hingga aktifitas warga nyaris lumpuh total.

"Oleh karenanya kami terus menyampaikan himbauan dan me mengingatkan masyarakat agar tetap waspada akan terjadinya potensi banjir bandang," katanya, Senin (22/8/2022).

Guna mengantisipasi terjadinya banjir bandang, pihaknya telah mendirikan posko penanggulangan bencana dan menyiagakan personel agar banjir bandang dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Termasuk juga peralatan penanggulangan bencana alam mulai dari perahu karet telah disiapkan untuk mengevakuasi korban guna meminimalisir adanya korban jiwa akibat banjir bandang, " tandasnya. YEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: