Honda

Gempa Magnitudo 6,5 Tidak Terkait Gunung Dempo

Gempa Magnitudo 6,5 Tidak Terkait Gunung Dempo

Gunung Dempo Kota Pagaralam-Dok. Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Gempa yang terjadi hingga terasa di Kota PAGARALAM yang berasal dari Kaur, Bengkulu tidak mempengaruhi aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD).

Menurut Ketua Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha GAD masih terpantau Aktif Normal berada di level 2.

“Meskipun cukup kuat terasa dan sempat membuat heboh sebagian masyarakat, namun gempa ini berasal dari luar Pagaralam. Atau dengan kata lain, merupakan gempa tektonik, bukan gempa vulkanik yang ditimbulkan oleh Gunung Api Dempo,” terangnya.

Dijelaskannya, pada alat seismograf sendiri berhasil merekam gempa yang ada berskala sekitar MMI 4, terjadi tepat pada Selasa (22/8) sekitar pukul 21.31 WIB. Sementara dari informasi pusat gempa bumi berkekutaan magnitudo 6,5 Skala Richter (SR), terjadi di wilayah Kaur Bengkulu, atau berjarak sekitar 65 Kilometer di kedalaman 12 kilometer.

“Meski gempa terasa tak berpengaruh terhadap aktivitas gunung api Dempo, ke depan belum dapat dipastikan kondisi kekinian Gunung Api Dempo, pasalnya fenomena alam tidak bisa ditebak,” tambah Megian.

Sambungnya, pihaknya (Pos Pemantau PVMBG) tetap waspada melakukan pemantauan secara intensif dan melapor tiap kejadian terkait Gunung Api Dempo ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung secara periodik. KOE 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: