Honda

Manfaatkan Lahan Belakang Rumah, Kepala Desa ini Hasilkan Ratusan Kilogram Cabai Keriting

Manfaatkan Lahan Belakang Rumah, Kepala Desa ini Hasilkan Ratusan Kilogram Cabai Keriting

Kades Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan menanam cabe keriting besar, di lahan dibelakang rumah-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Inovasi dan terobosan dari Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten LAHAT, Jayus Oktonianta menghasilkan ratusan kilogram cabai keriting besar.

Hal itu dengan memanfaatkan lahan yang tidak begitu luas di belakang rumahnya.

“Alhamdulillah, penanaman awal berjumlah 1.000 batang, sekali panen menghasilkan 486 kilogram cabai, guna memenuhi kebutuhan di seputaran Kikim Selatan," jelasnya, Ahad, 28 Agustus 2022.

Ide ini, sambung dia, ketika dirinya melihat dibeberapa desa, bahkan di Kota Pagaralam melihat potensi cabai ini sangat besar sekali pangsa pasarnya.

BACA JUGA:Razia Cafe di Desa Muara Lawai, Ini Rupanya yang Dikejar Tim Gabungan

"Awal muncul, ketika berkunjung ke rumah sanak keluarga yang ada di Bengkulu Selatan, nah, disepanjang jalan Tanjung Sakti banyak petani menanam cabai, dan saya coba-coba bertanya dan kemudian langsung praktek,” terang Jayus Oktonianta.

Jayus Oktonianta menuturkan, kini berencana akan melakukan penambahan yakni 3.000 batang cabai keriting besar.

"Kita jual ke tempat pengepulnya, dengan harga yang cukup bagus. Dan tentunya ini menambah pendapatan diluar sebagai kades alias pribadi," ucapnya.

BACA JUGA:Petani di Musirawas Tanam Narkoba Jenis Sabu di Samping Rumah

Dirinya mengemukakan, banyak rekan kerja berkunjung untuk memetik cabai, dan ada pula yang bertanya budidayanya sehingga mampu memproduksi ratusan kilogram.

"Sudah banyak yang bertanya, bagaimana cara membudidayakannya, termasuk kadar pupuk dan pengolahan, serta mengontrol hama menyerang,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: