Honda

Tim Desa Cantik Latih Operator Kecamatan dan Desa

Tim Desa Cantik Latih Operator Kecamatan dan Desa

Foto bersama operator desa cantik dengan tim dari BPS dan Kominfo Muba. -Foto: Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA, PALPRES.COM- Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mulai bergerak sejalan dengan intruksi Pj Bupati Muba, Drs Apriyadi beberapa waktu lalu pada pencanangan Desa Cinta Statistik (Cantik), di opproom Pemkab Muba. 

Dengan memberikan pelatihan operator Desa Cantik yang berada di seluruh kecamatan dan desa di Bumi Serasan Sekate. 

Kepala Dinkominfo Muba, Heryandi Sinulingga mengatakan, tim mulai bergerak untuk memberikan pelatihan bagi operator Desa Cantik. 

"Kecamatan pertama kita berikan latihan yakni Kecamatan Batang Hari Leko lalu Babat Toman dan Sanga Desa, " kata Sinulingga

Hal tersebut, upaya nyata sebagai salah satu percepatan kompetensi kerja para operator/instruktur desa yang nantinya akan melatih agen dan komunitas statistik di seluruh desa. 

"Seluruh peserta dari perwakilan desa dan kelurahan yang ditunjuk nampak antusias mengikuti pelatihan ini. Para Camat juga ikut mendampingi dan aktif bareng para instruktur BPS Muba dan Tim kominfo, " jelasnya. 

Diharapkan upaya ini menghasilkan satu konsep pemahaman bersama dalam mengolah data dan dapat diimplementasikan dengan cepat di lapangan menuju Satu Data Muba Satu Data Indonesia. 

Sebelumnya, Pj Bupati Muba, Drs Apriyadi menyampaikan, saat pencanangan Desa Cantik lalu, semakin berkembang jaman, desa dituntut untuk terus mengikuti jaman. Untuk berjalan maju bersama jaman, banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh desa, salah satunya adalah kualitas sistem birokrasi di dalamnya. 

"Semakin ringkas dan efisien sistem birokrasi desa, perkembangan desa akan lebih baik. Kita dukung penuh program BPS demi membantu desa-desa dalam mengembangkan sistem birokrasi mereka. Program Desa Cinta Statistik, Desa Cantik kita sikapi sebagai satu upaya peningkatan sistem birokrasi yang ringkas dan efesien dalam menjalankan pembangunan daerah," pesan Apriyadi. MUH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: