Honda

Truk Angkut Batu Over Kapasitas Hancurkan Jalan Desa

Truk Angkut Batu Over Kapasitas Hancurkan Jalan Desa

Truk Pengangkut Batu-Foto: Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM-Dampak Dari Aktifitas Mobil Truk Jenis Fuso Pengangkut Hasil tambang Batu Gunung yang di sanyalir Over kapasitas membuat sejumlah titik ruas jalan di Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur mengalami kerusakan.

Jalan Penghubung kecamatan Martapura-Jayapura ini di ketahui tergolong Jalan kabupaten Tipe kelas III yang hanya mampu di lewati mobil truk colt diesel bermuatan Kurang dari 8 ton saja dan sejenis mobil kecil lainnya.

Akan tetapi pantauan wartawan di lapangan hampir setiap harinya bukan hanya mobil truk colt diesel melintas yang mengangkut batu gunung maupun batu suplit tetapi juga truk jenis Fuso, yang jelas-jelas ukuran muatan mobil tersebut melebihi kapasitas 8 ton. 

Salah seorang warga Desa tumi jaya, Imam mengatakan, selaku warga Desa tumi jaya kecamatan Jayapura dan sekaligus sebagai pengguna jalan, tentu sangat menyayangkan sekali dengan adanya mobil-mobil truk jenis Fuso pengangkut batu gunung over tonase beraktifitas di sepanjang jalan Desa tumi jaya bahkan Desa-Desa lain sepanjangan jalan kabupaten di kecamatan Jayapura.

"Akibat nya Dari Aktipitas Truk Jenis Fuso, jalanan di Desa tumi jaya hingga Desa-Desa tetangga mengalami kerusakan di sejumlah ruas titik, Mas,"tambahnya.

Tidak hanya sampai di situ saja mas, Dampak dari adanya lalu lalang mobil truk jenis Fuso tersebut mengakibatkan polusi udara karena jalanan berdebu di mana-mana.

Ia berharap,mengingat jalan ini merupakan satu-satunya urat nadi masyarakat jayapura khususnya warga Desa tumi jaya untuk mengeluarkan hasil pertanian maupun perkebunan dan saya mewakili masyarakat jayapura, berharap pada Pemerintah terkait dan pada bapak bupati OKU Timur untuk dapat membantu warga tumi jaya mencari solusi terbaik.

Supaya jalan yang semulanya sudah di bangun dengan baik dapat bisa terpelihara, tidak cepat rusak ulah monster-monster penghancur jalan (Mobil truk fuso muatan over tonase) serta dimana jalan yang rusak dapat segera di perbaiki kembali di kecamatan jayapura ini.

Sementara Camat Jayapura Sugiyarto SE,MM menjelaskan, terkait jalan ni Jayapura yang saat ini mengalami kerusakan di beberapa ruas titik.

" Saya sendiri selaku Camat Pernah mengundang seluruh perusahaan-perusahan yang ada di kecamatan jayapura in, undangan saya kata camat, bertujuan agar dapat perusahaan yang ikut juga menjaga jalan kabupaten dengan bersama agar dapat selalu tetap awet dan bertahan lama,"ujarnya.

Dirinya juga sudah memaparkan pada perusahaan-perusahaan kala itu yang sempat hadir, bahwa jalan kabupaten ini di bangun dengan kelas III yaitu dengan kapasitas muatan kurang dari 8 ton.MAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: