Honda

Pembuatan Soal Rampung, Sang Juara 'Payo ke Museum' Siap Digelar

Pembuatan Soal Rampung, Sang Juara 'Payo ke Museum' Siap Digelar

Sang Juara Payo ke Museum Siap digelar setelah pembuatan soal rampung-Foto Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pembuatan soal sang juaraPayo ke Museum” telah rampung. Alhasil lomba sang juara ini siap digelar.

Seperti diketahui, kegiatan lomba yang berbentuk tanya jawab ini, terdiri dari soal Permuseuman 40 persen, soal Sejarah Indonesia kurikulum 13 30 persen, dan soal Sejarah Lokal, Kebudayaan, serta pengetahuan umum 30 persen.

Lomba yang melibatkan 36 sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini, berbentuk jawaban benar dan salah.

“Setiap sekolah yang diundang mengutus, 100 orang siswa-siswi untuk ikut dalam tahap penyisihan yang digelar di Museum Negeri Sumatera Selatan. Untuk babak penyisihan, akan diambil 3 orang juara dengan sistem gugur, yang selanjutnya akan bertanding dalam Grand Final Sang Juara yang mempertemukan dengan 3 juara dari SMA/SMK/MA, di Sumatera Selatan yang berhasil lolos tahap seleksi,” jelas Ketua Panitia Merry Hamraeny SPd MM, Sabtu, 3 September 2022.

BACA JUGA:Sang Juara

Dia menjelaskan event tahunan yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Sumatera Selatan dan hadiah total senilai jutaan rupiah ini merupakan kerjasama antara Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa, dengan Harian Umum Palembang Ekspres dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumsel.

“Dengan tujuan dapat melahirkan kader-kader penerus bangsa yang mempunyai intelektual yang tinggi, menciptakan pribadi yang mampu menghadapi era globalisasi, membentuk generasi muda yang bermental kompetitif dan berorientasi ilmiah serta berpandangan jauh ke depan, dan melahirkan kecintaan terhadap sejarah dari masa ke masa terutama yang terdapat di beberapa museum di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa H Chandra Amprayadi SH melalui Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Museum Negeri Sumsel H Amarullah SH mengatakan lomba Sang Juara tahun keempat ini, pihaknya akan melibatkan sekolah-sekolah yang ada di luar Kota Palembang.

"Selain Kota Palembang, kita juga akan mengundang sekolah yang ada di daerah seperti di Lubuklinggau, Pali, Gelumbang (Muara Enim), Muba, OI, Banyuasin, dan OKI. Insya Allah tahun ini akan lebih meriah dan spektakuler dari tahun sebelumnya,” harapnya.

BACA JUGA:Disbudpar Sumsel dan Museum Negeri Sumsel Gagas Penggalangan Dana Beli Rumah Pangeran Sjafe’i

Juara umumnya nanti berhak membawa tropi bergilir Gubernur Sumatera Selatan berserta uang binaan sebesar 5.000.000. Juara pertama akan mendapatkan uang tunai Rp3.500.000, juara kedua Rp3.000.000, dan juara ketiga mendapatkan Rp2.500.000.

“Juara harapan pertama mendapatkan Rp1.500.000, harapan kedua Rp1.250.000, dan harapan ketiga Rp1000.000 serta lima juara favorite akan mendapatkan Rp500.000. Setiap pemenang akan mendapatkan sertifikat dan trophy,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: