Honda

Mahasiswa Baru UT Palembang Wajib Ikuti OSMB

Mahasiswa Baru UT Palembang Wajib Ikuti OSMB

Mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Palembang yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumsel wajib mengikuti kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).-Berry Sandi-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Palembang yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumsel wajib mengikuti kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).

Dalam OSMB mahasiswa akan diperkenalkan tentang sistem pembelajaran dalam Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ).

Selain itu, agar mahasiswa mengenal lebih jauh apa itu UT,  bagaimana layanan yang ada dan bentuk-bentuk pendampingan yang diberikan hingga ke tahap wisuda.

Karenanya, sebanyak 5.011 mahasiswa baru UT Palembang mengikuti kegiatan OSMB yang dilakukan bertahap dan secara virtual, sejak Rabu 7 September 2022.

BACA JUGA:Kapolri Minta Polwan Raih Lagi Kepercayaan Masyarakat Lewat Pendekatan Humanis

Dengan begitu maka diharapkan mahasiswa UT bisa mandiri dan terampil dalam menempuh studi selama masa perkuliahannya di UT.

Direktur UT Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi mengatakan, OSMB adalah salah satu bagian dari kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) Universitas Terbuka yang dilaksanakan sebagai usaha nyata UT memberikan bimbingan, pelayanan dan pendampingan guna menunjang kesuksesan studi setiap mahasiswanya. 

Karenanya, kegiatan OSMB wajib diikuti para mahasiswa agar mereka mengenal lebih jauh apa itu UT, bagaimana layanan yang ada dan bentuk-bentuk pendampingan yang diberikan hingga ke tahap wisuda.

“Sistem pembelajaran di UT beragam modus, utamanya online, dan sifatnya mandiri. Ini tentunya memerlukan pengetahuan terhadap instrumen-instrumen yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan studi," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk sukses kuliah di UT, salah satunya dimulai dengan mengikuti LPKPBJJ. Dalam LPKBJJ ada empat aspek yang harus mahasiswa pahami.

Pertama OSMB, lalu Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Harus tahu bagaimana pembelajaran jarak jauh, bagaimana agar terampil dalam pembelajaran jarak jauh dan bagaimana menjadi mahasiswa mandiri. 

Ketiga, Workshop Tugas (WT). Dalam WT mahasiswa diberikan keterampilan bagaimana mengerjakan tugas sesuai prinsip akademik dan yang terakhir adalah Klinik Ujian untuk mempersiapkan strategi menghadapi ujian di UT untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Jari dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa betul-betul paham bagaimana belajar di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh," ungkapnya.

Selain pembelajaran, di UT juga mengakomodir kegiatan-kegiatan kemahasiswaan untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan, persaudaraan, gotong royong, kekeluargaan dalam lingkungan yang harmonis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: