Honda

Staf Khusus Bupati OKU Timur Sarankan Petani Padi Tunda Jual Hasil Panen

Staf Khusus Bupati OKU Timur Sarankan Petani Padi Tunda Jual Hasil Panen

Staf Khusus Bupati OKU Timur Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sugeng Suprianto -Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM- Staf Khusus Bupati OKU Timur Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sugeng Suprianto menyarankan kepada petani di Kabupaten OKU Timur untuk menunda menjual hasil panen petani.

"Cara ini, selain dapat menikmati harga jual yang fleksibel, sisi lain mampu memberi dampak ekonomis bagi petani itu sendiri,"katanya.

BACA JUGA:Peringatan Haornas di OKU Timur Diisi Beragam Lomba Senam

Dia mengatakan, tunda jual hasil panen ini, bukan bearti petani tidak menjual gabah atau gerasnya saat panen tiba, melainkan mengatus pola penjualan.

“Misalnya dalam 2 ton gabah kering yang didapat pada musim panen berjalan, maka jangan serta merta dijual semiangnya. Sisihkan minimal 50 persen dari hasil penan tersebut, kalau bisa 70 persen,” terangnya.

BACA JUGA:Kemarau Datang, Petani Padi Khawatir Gagal Panen

Sebab, jika hasil panen tersebut dijual semuanya, maka petani tidak akan menikmati harga yang tinggi. Ini lantaran, harga jual gabah pada musim panen cendrung trurun, mengingat penan yang serempak.

“Mengatur penjualan hasil panen ini tentunya patut dipertimbangkan,” tambah akademisi dari STIPER Belitang ini.

Banyak hal yang dapat dilakukan petani dalam meningkatkan produktivitas lahan pertaniannya. Dengan begitu, penghasilan tidak hanya dari hasil panen.

“Kalau sudah panen, manfaatkan lahan tetap produktif. Banyak referensi yang bisa didapat oleh petani untuk meningkatkan pendapatan melalui sektro pertanian. Bisa polowijo, perikanan dan sebagainya,”pungkasnya.MAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: