Honda

Program Basemah, Danrem 044 Gapo didampingi Dandim 0405 Lahat Lihat Bangunan MCK

Program Basemah, Danrem 044 Gapo didampingi Dandim 0405 Lahat Lihat Bangunan MCK

PROGRAM 'BASEMAH' : Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MM MTr (Han) memasang batubara pembangunan MCK di MTs 1 Sukacinta, sebagai wujud program 'Basemah', Selasa (13/9/2022).-Bernat Albar Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM- Program Basemah (Bersih Sehat Ramah Lingkungan) yakni, pembangunan sarana prasarana (Sapras) mandi cuci kakus (MCK) terdiri dari lima pintu yang dipusatkan di MTs 1 Sukacinta, Kecamatan Merapi Barat kini telah tahap pemasangan batubata.
 
Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MM MTr (Han) didampingi Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengatakan, bahwasanya program 'Basemah' ini diambil dari salah satu suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).
 
"Itu secara harfiah, tetapi, kepanjangan Basemah itu sendiri bentuk lingkungan yang sehat bersih dan ramah, termasuk juga sanitasi yang terjaga dan mengalir," jelasnya, Selasa (13/9/2022).
 
Kemungkinan, sambung dirinya, akan ditularkan ke kabupaten/kota lainnya, sehingga kawasan yang tidak memiliki sarana MCK yang bersih, bisa dibangunkan dan penduduknya juga sehat dan segar.
 
"Paling tidak, satu kabupaten/kota didirikan bangunan satu sapras. Dalam menunjang kegiatan penduduk sehari-hari," harap M Naudi Nurdika.
 
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sukacinta, Rudiansah menuturkan, atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) sangat berterima kasih dan bersyukur sekali, terhadap jajaran TNI yang membangun sarana MCK.
 
"Siswa MTs 1 kini, tidak perlu lagi jauh-jauh dan pihak sekolah memakai kamar mandi, karena bangunan yang bagus sudah dibangun termasuk penunjang lainnya," bebernya.
 
Senada, Camat Merapi Barat, Sumarno SE Msi mengemukakan, sama seperti yang disampaikan Kades, pihaknya juga begitu terbantu sekali, terutama sekolah yang belum ada sarana MCK.
 
"Sungguh luar biasa sekali, tentunya apa yang dikerjakan jajaran Korem 044/Gapo dan Kodim 0405/Lahat akan terus diingat selalu, karena inilah yang memang dibutuhkan masyarakat," tukasnya. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com