Honda

Ampela Masak Pedas Mengugah Selera

Ampela Masak Pedas Mengugah Selera

Ilustrasi Ampel Tumis Pedas--Instagram/@YOANITASAVIT

PALEMBANG, PALPRES.COM -  Siapa tak suka sambal, salah satu kuliner Indonesia yang merujuk pada saus maupun kondimen pedas. Bahkan, kuliner satu ini diminati semua kalangan baik tua maupun muda, kali ini menu kita berhubungan dengan sambal yakni Ampela Masak Pedas, tahu kah kamu?....

 

Ampela atau disebut juga empedal merupakan salah satu makanan yang sering dijumpai di Indonesia, dimana Ampela sendiri merupakan jeroan ayam, sehingga Empedal tak kalah dengan daging ayam akan kandungan nutrisi yang dimilikinya.

 

Melansir informasi gizi Panganku.org, ternyata 100 gram hati ayam memiliki komposisi gizi sebagai berikut:  yaitu Protein (27,4 gram), Energi (261 Kal), Karbohidrat (1,6 g) Vitamin A (4,957 mcg) Vitamin B2 (Riboflavin : 4,38 mg), Zat besi (15,8 mg), Lemak(16,1 g) , Fosfor (373 mg) ,  Beta Karoten (169 mcg) ,  Kalium (22,9 mg) , Kalsium (118). 

 

Oleh sebab itu, sebagai bahan makanan, jeroan ayam mudah diperoleh, harganya murah, dan bisa diolah menjadi berbagai masakan.  Jadi, tak salah jika Anda menggemari makan yang satu  ini.  Dengan pengolahan yang tepat, Anda juga bisa memperoleh berbagai manfaat Kesehatan dari nutrisi yang terkandung dalam hati ampela ayam.  Apa saja ragam manfaat dari konsumsi hati ayam?

 

Protein dalam hati ayam memiliki kualitas yang baik dan mengandung jenis jenis asam amino esensial bagi tubuh.  Disamping itu, jenis zat besi pada hati ayam sendiri adalah heme iron yang bisa diserap lebih cepat oleh sel sel di dalam tubuh.

 

Nah sudah tahukan, manfaat hati ayam bagi tubuh kita, asalkan makannya jangan yang berlebih ya guys, Kalo begitu mari kita coba resep kali ini yang dilansir dari laman akun Instagram @dishby_ifah

 

Ampela Masak Pedas

By : @dishby_ifah

Bahan-bahan yang kamu perlukan :

15 buah ampela, bersihkan

10 cabe rawit iho utuh

1 lembar daun salam

1 lembar daun jeruk (disobek-sobek)

1 batag sereh, geprek

¼ gelas air

Kaldu bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya

 

Bumbu yang akan dihaluskan:

20 cabe merah keriting

15 cabe rawit merah

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 sdt ketumbar sangrai

1 butir kemiri sangria

2 ruas kunyit

1 ruas jahe

 

Cara membuatnya:

Pertama rebus ampela dengan daun salam, daun jeruk dan sereh secukupnya, rebus ampel hingga empuk lalu angkat dan potong menjadi 3 bagian.

 

Kemudian panaskan minyak lalu goreng ampela rebus hingga setengah kering saja lalu angkat dan sisihkan.  Selanjutnya panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, cabe rawit ijo, daun salam, daun jeruk dan sereh hingga harum dan matang.

 

Setelah itu masukan ampela goreng, lalu tambahkan air (opsional) kaldu bubuk dan garam aduk hingga rata, masak hingga bumbu meresap dan sedikit kering, jangan lupa cek rasa jika sudah pas angkat dan sajikan dengan nasi dalam keadaan hangat,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: panganku.org