Honda

Pangdam II/Swj Berikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa UMP

Pangdam II/Swj Berikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa UMP

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi SIP MBA M Han berikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).--Istimewa/palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi SIP MBA M Han berikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Kuliah umum ini diberikan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi secara Virtual dan Live Youtube UM Palembang, Selasa 20 September 2022, dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) UMP tahun 2022/2023.

Dirinya menjelaskan, bahwa sebagaimana tantangan dulu untuk merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, itu semuanya adalah tidak terlepas dari nilai-nilai dari jiwa nasionalisme yang tidak pernah patang menyerah.

"Oleh karena kita harus mengingat dan menanamkan hal tersebut kepada diri kita," ujarnya. 

BACA JUGA: Kuliah Umum di Universitas Jambi, Pangdam II/Swj: Perkuat Jiwa Nasionalisme

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi menerangkan bahwa Indonesia pada abad ke-7 sudah banyak kerajaan yang ada di Negara Indonesia, sehingga lahirnya Budi Utomo untuk membangkitkan Indonesia untuk merdeka yang sudah didirikan selama 37 tahun.

Semangat Kebangsaan meliputi Nilai-nilai bangsa yaitu mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan kelompok. 

“Oleh karena itu kita harus mengetahui sejarah perjuangan bangsa kemerdekaan yang diperoleh saat ini merupakan hasil dari jerih payah dan tetesan keringat seluruh tumpah darah Indonesia," katanya.

Untuk alasan Indonesia harus merdeka (Penjajah Dihapuskan, Indonesia Kita Bangun) karena penjajahan tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan, menegakkan harkat dan martabat kemanusian dan kemerdekaan adalah hak setiap bangsa.

BACA JUGA:Dipasang Lacak dan Kain, Pangdam II/Swj Jadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu Jambi

Ia juga menghimbau kepada mahasiswa agar menanamkan jiwa Nasionalisme yang memiliki arti semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945.

"Kuliah Umum yang saya sampaikan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa bela negara kepada mahasiswa/i dan menumbuhkan rasa semangat kebangsaan," bebernya.

Dalam kuliah umum ini diikuti peserta offline kurang lebih 200 mahasiswa/i dan peserta online kurang lebih 1.000 Mahasiswa/i dari seluruh Fakultas UMP. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com