Honda

Fasilitas Pemandian Umum Mulai Dikerjakan Personel TMMD ke 115

Fasilitas Pemandian Umum Mulai Dikerjakan Personel TMMD ke 115

Sarana Pemandian Umum bagi warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang mulai dikerjakan, Rabu 21 September 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Sarana Pemandian umum atau mandi, cuci dan kakus (MCK), berukuran 2x9 meter persegi, dibangun di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat telah dilaksanakan.

Koordinator Lapangan sekaligus Danramil 405-07/Pulau Pinang, Kapten Inf Mulyadi membenarkan, bahwasanya anggota telah menggali tanah atau lahan yang akan dibangun sarana pemandian umum bagi masyarakat desa.

"Personel kini memfokuskan pekerjaan di fasilitas umum (Fasum) pemandian umum, dari membersihkan rerumputan hingga menggali tanah yang ada dipasang pondasi," jelasnya, Rabu 21 September 2022.

Dirinya mengemukakan, material berupa batu kujang yang nantinya sebagai pondasi atas, pasir dan semen telah dibawa anggota dibantu warga setempat ke lokasi pembangunan.

BACA JUGA: Personel TMMD Buat Septic Tank di Rumah Nenek Ratna

“Semua bahan bakunya telah dibawa ke titik sarana MCK, dan kini anggota bergerak membuat patok kayu sebagai acuan ukurannya,” terangnya mewakili Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP.

Supaya, sambung dia, penduduk desa yang pemukimannya jauh dari sumber air Sungai Lematang, bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, karena airnya pun terus mengalir 24 jam nonstop.

“Semuanya telah kita persiapkan, agar masyarakat tidak jauh-jauh lagi ke sungai, cukup ke sarana pemandian umum saja, baik itu mandi, cuci dan buang air besar (BAB) maupun kecil,” beber Mulyadi.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Pagarbatu, Yuniardi menuturkan, tentunya dengan adanya pembangunan Fasum MCK ini, akan membantu sekali penduduk desa yang akan melakukan aktivitas sehari-hari, terutama ibu-ibu yang membutuhkan air.

BACA JUGA: Peltu Maman: Jangan Terlambat Makan agar Ada Tenaga saat TMMD

"Warga tidak perlu turun ke bawah, cukup dari Fasum pemandian umum, kebutuhan telah dipenuhi dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga setempat, mari kita jaga bersama sarana penunjang bagi kehidupan kita sehari-hari," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com