Honda

Hidup Sehat, Pemdes Jagabaya Terapkan Pola CERDIK

Hidup Sehat, Pemdes Jagabaya Terapkan Pola CERDIK

Kades Jagabaya, Bambang Heriadi ST membagikan makanan bergizi kepada salah satu warganya-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Guna meningkatkan kesehatan ditengah-tengah masyarakat lebih bersahaja, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat menerapkan pola CERDIK (Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktifitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres).

Hal itu disampaikan, Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST yang mengaku hal ini justru menimbulkan resiko penyakit sangat berbahaya, apabila tidak diterapkan dengan kesehatan.

"Bisa menderita penyakit hipertensi (darah tinggi), stroke, jantung, diabetes yang notabene merupakan penyumbang angka kematian paling tinggi bagi umat manusia," ungkapnya, Kamis 22 September 2022.

Oleh karena itulah, sambung dia, secara rutin kesehatan warga desa dicek melalui Posbindu, dengan mendatangkan bidan desa serta pihak puskesmas setempat.

BACA JUGA:Jalan Akses Penghubung Lima Desa Sepanjang 40 Km Diaspal

“Memang yang disebutkan diatas ada penyakit tidak menular (PTM), tetapi, paling banyak mengakibatkan terjadinya kematian yang memang tidak mengenal usia, dan siapa saja bisa terdeteksi apabila tidak menerapkan hidup "CERDIK,” jelas Bambang Heriadi.

Bambang menambahkan, dengan secara rutin mengecek kesehatan, maka akan diketahui apa-apa saja yang ada didalam tubuh.

"Hidup sehat, pola makan diperhatikan, rutin cek kesehatan dan berkonsultasi kepada bidan desa atau datangi puskesmas," ulasnya.

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Desa Ambruk, Respon Perusahaan Lambat

Disamping itu, masih kata dia, penurunan angka stunting pun menjadi target utama dari Pemdes Jagabaya, dimana ibu-ibu hamil diperiksa kandungannya, diberikan makanan bergizi dan vitamin.

“Untuk balitanya dipantau tumbuh kembangnya, jangan sampai lupa asupan nutrisi tinggi dan pemberian vitamin,” tandas Bambang Heriadi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com