Honda

Tak Usah Pakai Calo, Urus Kependudukan Sekarang Cepat dan Gratis

Tak Usah Pakai Calo, Urus Kependudukan Sekarang Cepat dan Gratis

Warga sedang mengurus pembuatan E-KTP dan surat kependudukan lainnya di Disdukcapil Lahat.-Deni-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Guna mengurangi dan memutus tindakan oknum calo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat memberlakukan sistem Semedi, atau Sehari Mesti Jadi dalam pengurusan kependudukan.

Menurut Plt Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Lahat, Zatimuddin melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk (Dapduk) Nangkada Lindungan Putra menerangkan, pihaknya memberlakukan sehari jadi pada semua pengurusan kependudukan.

“Mau urus data kependudukan, seperti pembuatan KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, kematian, pindah domisili, dan lain sebagainya, pembuat hanya menunggu, karena sehari mesti jadi, atau selesai,” kata dia saat ditemui di ruangannya, Jumat 23 September 2022.

Nangkada menuturkan, pelayanan cepat itu, menghindari maraknya calo, yang mengklaim bisa mempercepat urusan kependudukan, padahal memang semua urusannya cepat dan tanpa biaya.

BACA JUGA:Tak Perlu Repot, Berobat Cukup Pakai KTP di RSUD Rupit

“Kami juga mendorong, agar warga mengurus sendiri data kependudukannya, tidak usah memakai jasa calo segala, mungkin para calo menjanjikan sehari jadi, kalau mau buat KTP KK atau pindah domisili, dengan imbalan atau bayaran, lah kan memang sehari jadi, walau siapapun yang urus, dan semua pelayanan di Disdukcapil gratis,” ungkapnya.

Selain gratis dan cepat, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan juga sangat mudah, Nangkada mengaku, tidak perlu lagi ada pengantar dari pemerintah desa atau kecamatan.

“Langsung datang saja ke Disdukcapil, dengan dokumen lengkap, langsung kita proses, tidak ada lagi surat pengantar. Kalaupun dokumennya kurang, bisa ditelpon keluarganya, contoh, Kecamatan Jarai Area, Tanjung Sakti Area, Kota Agung Area, Kikim Area kan jauh, mau ke Lahat bisa berjam jam perjalanan, tidak mungkin mereka pulang hanya untuk melengkapi dokumen yang kurang, kita beri kemudahan, cukup telpon keluarganya, dokumen yang kurang, difoto saya, kirim ke WA, nanti kita print disini,” jelasnya.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Luncurkan KTP Digital Untuk Pegawai, Ini Keunggulannya

Sementara itu, dikatakan Amrul, warga Kecamatan Kikim yang mengurus KTP mengaku, jika dulu memang banyak yang menawarkan kalau mau urus dokumen kependudukan, dengan cepat dan mudah, memakai jasa calo.

“Kalau sekarang urus sendiri saja, cepat mudah, dan gratis. Kami sebagai warga menyambut baik program Semedi ini, dengan begitu, calo tidak laku lagi, karena warga bisa urus sendiri dokumen kependudukan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com