Honda

Ketahanan Pangan, Pemdes Simpur Usulkan Ternak Kambing

  Ketahanan Pangan, Pemdes Simpur Usulkan Ternak Kambing

Kades Simpur, Kecamatan Gumay Ulu, Nidi Heriansyah sedang berdiskusi dengan Kabid Peternakan dan Keswan, drh Astin Tri Saputra Msi, belum lama ini. - PEMDES SIMPUR -palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM - Ketahanan pangan memang menjadi hal prioritas utama bagi setiap Pemerintah Desa (Pemdes), untuk memberikan pemasukan dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Oleh karenanya, Pemdes Simpur, Kecamatan Gumay Ulu mengusulkan pengadaan ternak hewan kambing berjumlah 30 ekor yang akan dikelola oleh warga.

"Betul, kita telah mengadakan pertemuan dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), mengusulkan pengadaan hewan ternak kambing," jelas Kepala Desa (Kades) Simpur, Nidi Heriansyah, Selasa 27 September 2022.

Nidi Heriansyah mengemukakan, pihaknya lebih memilih mengelola ternak hewan jika dibandingkan budidaya ikan lele media kolam terpal.

BACA JUGA:Pemdes Simpur Bikin Terobosan, Ketua Karang Taruna Bakal Dapat Honor

"Hal ini, pemeliharaannya lebih mudah, yang nantinya apabila berhasil bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, kalau ada acara hajatan atau aqiqah," ucapnya.

Selain itu, sambung dia, sumber makanan berupa rumput dan lahan mendirikan kandang telah tersedia. 

Tinggal menunggu usulan, berupa pengadaan hewan ternak kambing sebanyak 30 ekor.

"Kita minta 30 ekor kambing, yang nantinya akan dikelola oleh warga ditunjuk untuk mencarikan pakannya dan memeliharanya, supaya kedepannya bisa bertambah lebih banyak lagi," pungkas Nidi Heriansyah.

BACA JUGA:Musdes Simpur Hasilkan Tujuh Usulan Ini

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Keswan, drh Astin Tri Saputra Msi menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti usulan dari Pemdes Simpur, untuk pengadaan hewan ternak kambing.

"Pembicaraan awal telah dilaksanakan, dengan jajaran pemerintah setempat, termasuk masyarakat, pendamping desa.

Dimana, mereka akan mengelola hewan ternak kambing sebagai bentuk apresiasi dari ketahanan pangan," tukasnya.   

Terobosan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.disway.id