Honda

7 Keunggulan E Faktur untuk Pajak yang Harus Diketahui

7 Keunggulan E Faktur untuk Pajak yang Harus Diketahui

-palpres.com-palpres.com

PALPRES.COM - E faktur atau faktur elektronik adalah solusi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dalam meminimalkan penanganan kesalahan, dan membantu bisnis mematuhi undang-undang pajak. Untuk setiap e-faktur yang dihasilkan, nomor dibuat bersama dengan kode QR yang unik. 

Faktur elektronik sendiri adalah proses ketika faktur B2B diunggah secara digital ke portal tempat otentikasi dilakukan oleh penyedia pajak barang dan jasa. Jauh sebelum adanya faktur elektronik, orang-orang masih menggunakan jenis yang manual. Lalu mengapa harus beralih ke e-faktur?

Apa Itu E faktur?

Faktur elektronik adalah suatu bentuk penagihan elektronik yang mana dokumen transaksional seperti pesanan pembelian, syarat pembayaran, dan nota kredit dikirim secara digital kepada pihak-pihak terkait secara bertahap.

E faktur diatur oleh pemerintah dan undang-undang sebagai usaha untuk melacak dan memastikan pajak dan bea cukai tidak melanggar peraturan.

Faktur elektronik memberikan manfaat besar bagi penerbit dan penerima. Penerapan e-faktur menunjukkan kemajuan besar dalam pengelolaan faktur dari kedua belah pihak.

 Investasi dalam sistem e-faktur sangat menguntungkan dan dapat menjadi langkah awal untuk menyelesaikan digitalisasi bisnis.

Dengan e-faktur, maka bisa menghemat biaya dengan menghilangkan penggunaan kertas baik untuk dicetak atau untuk diarsipkan sebagai bukti pajak. Penggunaan faktur elektronik juga bisa mengurangi dampak lingkungan melalui penghapusan kertas dan emisi CO2.

E-faktur memungkinkan otomatisasi dan integrasi penerimaan faktur. Berasal dari format elektronik, e-faktur dapat secara otomatis terintegrasi dengan sistem akuntansi, yang lebih mudah dikeluarkan dan dibuat tanpa harus menghabiskan banyak tenaga.

7 Keuntungan Menggunakan E-faktur

Dunia bisnis pasca pandemi berbeda dengan sebelum pandemi. Dengan adopsi metode digital yang lebih bagus, e faktur terbukti sangat bermanfaat bagi semua orang. Manfaat e-faktur yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut :

1. Menghemat Waktu

E faktur menghemat waktu dan itulah yang menjadi manfaat utama bagi semua bisnis. e-Faktur adalah proses yang sepenuhnya digital dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk menghasilkan invoice dalam bentuk elektronik.

Sebelumnya, faktur yang masih bersifat tradisional membutuhkan banyak waktu untuk membuat dan mengunggah detail faktur ke portal Ditjen Pajak untuk tujuan pelaporan. Nah, hadirnya e-faktur telah mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses, melacak, mengirim, dan menyetujui faktur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com