Honda

Mobil Keliling Permudah Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan

Mobil Keliling Permudah Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan

Pelayanan mobil keliling saat melayani masyarakat di seputaran Terminal Induk Nendagung.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Pagaralam terus dipermudah. 

Terkini, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mulai memberlakukan pelayanan mobil keliling dalam mempermudah masyarakat melalukan pembuatan kelengkapan administrasi kependudukan yang sudah dimulai awal Oktober ini.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pagaralam Zaily Oktasabfitri Abidin melalui Sekretaris Fakhrozi Nurhafi kepada awak media mengatakan pelayanan Mobil Keliling Administrasi Kependudukan (Yanminduk) mulai diberlakukan awal bulan ini. 

“Pelayanan ini akan beroperasi di 5 kecamatan dan tiga puluh lima (35) kelurahan se-Kota Pagaralam," ujarnya.

BACA JUGA:Petani Lahat Dihantui Hama Ulat Menyerang Batang Padi, Ini Dampaknya

Pelayanan mobil keliling ini menjadi salah satu langkah Pemerintah Kota dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat Pagaralam dalam melakukan pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP-elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, Akte Perceraian, Rekaman KTP-e, Perekaman Kartu Identitas Anak (KIA), dan Surat Pindah.

“Pelayanan Mobil Keliling Administrasi Kependudukan (Yanminduk) sendiri akan berpindah-pindah di lima kecamatan dan tiga puluh lima kelurahan se-Kota Pagaralam,” tukas dia.

Saat beroperasi di seputaran Terminal Induk Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, antusias tinggi terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendatangi Yanminduk.

Meskipun tidak semuanya melakukan pengurusan administrasi, masyarakat menilai pelayanan ini pasti akan sangat membantu terutama jika tidak sempat ke Kantor Disdukcapil yang cukup jauh bagi masyarakat.

BACA JUGA:Wow, 1.500 Peti Buah Duku Per hari Dikirim Ke Pulau Jawa

"Saya ke sini cuma bertanya-tanya saja. Semoga saja pelayanan ini akan rutin dan lebih enak lagi kalau memang ada jadwal tertentu yang diketahui masyarakat," kata Zaman, salah seorang warga.

Ia juga mengatakan pasti masyarakat terutama yang berdomisili di pelosok juga akan terbantu.

“Masyarakat kita ini mayoritas petani. Kadang tidak sempat mengurusi adminitrasi karena lebih banyak di kebun. Jadi, kalau ada mobil keliling akan sangat meringankan beban mereka," tukas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com