Honda

Rudal Korut Terbang di Wilayah Jepang, Warga Diminta Berlindung

Rudal Korut Terbang di Wilayah Jepang, Warga Diminta Berlindung

Ilustrasi rudal Korea Utara.--

TOKYO, PALPRES.COM – Korea Utara kembali berulah. Selasa, 4 Oktober 2022, Korea Utara dilaporkan telah menembakkan rudal balistik ke Jepang, untuk pertama kalinya dalam lima tahun. 

Kantor Kepresidenan Jepang menyatakan, rudal balistik Korut itu sampai terbang melewati wilayah Jepang dan membuat pemerintah mengeluarkan peringatan darurat agar warga segera mencari bungker untuk berlindung.

Sirene peringatan yang tak pernah terjadi sebelumnya pun terdengar menderu kencang di dua kota utara Jepang.

"Korut tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap mengungsi ke gedung atau bawah tanah," kata pemerintah Jepang seperti dikutip AFP.

Peringatan darurat itu dikeluarkan sekitar pukul 07.29 pagi waktu setempat.

Jepang tidak menggunakan tindakan pertahanan apa pun untuk menghancurkan rudal itu, yang merupakan yang pertama terbang di atas atau melewati wilayah Jepang dari Korea Utara sejak tahun 2017. 

"Serangkaian tindakan Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistiknya yang berulang, mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan, dan komunitas internasional, dan menimbulkan tantangan serius bagi seluruh komunitas internasional, termasuk Jepang," kata juru bicara pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno dalam konferensi pers singkat. 

Matsuno mengatakan, tidak ada laporan kerusakan pesawat atau kapal dari rudal tersebut.

Berbicara kepada wartawan tak lama setelah itu, Perdana Menteri Fumio Kishida menyebut tindakan Korea Utara itu barbar. 

Kishida menyebut, pemerintah akan terus mengumpulkan dan menganalisis informasi terkait peluncuran rudal balistik Korea Utara itu. 

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan, rudal itu tampaknya merupakan intermediate-range ballistic missile (IRBM) atau rudal balistik jarak menengah, yang diluncurkan dari Provinsi Jagang Korea Utara. 

Korea Utara telah menggunakan provinsi itu untuk meluncurkan beberapa tes baru-baru ini, termasuk beberapa rudal yang diklaim "hipersonik".

Uji coba ini berlangsung kala Amerika Serikat, Jepang, dan Korsel menggelar latihan angkatan laut bersama ketika Korut dikabarkan bakal melancarkan uji coba nuklir terbarunya dalam waktu dekat.

AS dan Korsel percaya Korut tengah mempersiapkan uji coba nuklirnya, yang diyakini akan berlangsung ketika Kongres Partai Komunis China berlangsung pada 16 Oktober mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: