Honda

Kebun Toga Mampu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Kebun Toga Mampu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

PETIK TERUNG : Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Febrita Lustia Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM serta jajaran, berada di Kebun Desa Keban sembari memetik terung, Selasa 4 Oktober 2022.- KOMINFO LAHAT FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM- Tanaman Obat Keluarga (Toga) sangat banyak manfaatnya, hal ini, yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Keban membuat Kebun Toga, sebagai contoh bagi penduduk untuk menanam dipekarangan rumah.
 
Nah, Desa Keban, Kecamatan Kota Lahat, Kabupaten Lahat terpilih masuk dalam penilaian lomba 10 Program Pokok PKK, salah satunya keberadaan Kebun Toga tersebut. Dinilai menerapkan dengan baik sekali.
 
 
Keberadaan Kebun Toga PKK ini rupanya membuat Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM dan Wakil Ketua TP PKK, Hj Sumiati Haryanto SPd, mendapat pujian dari Febrita Lustia. Karena dinilai mampu membimbing PKK desa untuk menerapkan 10 program PKK. 
 
 
“Sangat bagus. Apalagi ini sudah diterapkan di rumah-rumah warga. Kalau kebutuhan sayur dan obat tradisional ada di setiap rumah warga, warga tidak perlu lagi harus beli ke pasar. Ini bukti peran PKK untuk membantu masyarakat, sudah berjalan,” kata Ketua PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Febrita Lustia Herman Deru didampingi Wakil Ketua PKK Provinsi Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya, Selasa 4 Oktober 2022.
 
 
Apalagi di Desa Keban ini, sambung Hj Febrita, sudah ada Rumah Cinta, yang jadi wadah bagi kaum wanita untuk konseling bagi keluarga dan remaja putri. 
 
"Ini sangat bagus, malu saya kalau PKK Kabupaten Lahat tidak jadi pemenang. Tapi untuk penilaiannya akan dilakukan objektif oleh tim,” tukasnya.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM mengemukakan, hasil yang didapat ini merupakan kerja keras dari seluruh anggota PKK. Kebun Toga PKK memang jadi salah satu fokus PKK Lahat. 
 
"Karena keberadaannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, hanya dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah," jelasnya.
 
Dirinya menambahkan, kebun toga ini sudah diterapkan hingga ke seluruh desa. Jika sayuran tidak perlu beli, akan menghemat pengeluaran kalau hasilnya banyak juga bisa dijual. Selain itu, beragam inovasi juga banyak dimiliki PKK di Lahat. Ada ternak ayam, budidaya kangkung dalam ember, kampung KB, kelompok wanita tani dan lainnya. 
 
"Ada juga inovasi PKK membudidayakan sereh wangi, yang saat ini sudah bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Lahat.
 
Hasilnya bisa menunjang pendapatan ibu-ibu di desa. Agar tercipta pemberdayaan keluarga, meningkatkan kesejahteraan agar terwujudnya keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri,” pungkas Lidyawati. DEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com