Honda

Bawaslu PALI Perpanjang Pendaftaran Panwascam

Bawaslu PALI Perpanjang Pendaftaran Panwascam

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI melakukan perpanjangan pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mulai dari 2-8 Oktober 2022.-Berry Sandi-Palpres.com

PALI, PALPRES.COM- Lantaran belum terpenuhi kuota perempuan 30% di empat kecamatan, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI melakukan perpanjangan pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mulai dari 2-8 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu PALI, H Heru Muharam melalui Komisioner Divisi SDM dan Organisasi, Basrul SAP mengatakan, pendaftaran panwascam telah ditutup pada 27 September 2022 yang lalu.

”Lalu pada 30 September 2022 kami konsultasi dengan Bawaslu Provinsi Sumsel, didapati ada empat kecamatan yang belum terpenuhi kuota perempuan sebesar 30% dari jumlah pelamar. Makanya dilakukan perpanjangan,” katanya, Rabu 5 Oktober 2022.

Ia menerangkan, empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Talang Ubi, Kecamatan Abab, Kecamatan Penukal dan Kecamatan Penukal Utara. Sementara, untuk Kecamatan Tanah Abang, sudah terpenuhi 30%.

BACA JUGA:PALI Berpeluang Tambah Dapil dan Kursi Dewan

Saat ini sebanyak 126 orang yang sudah mendaftar untuk menjadi Panwascam, 99 orang laki-laki dan 27 orang perempuan.

Berkas pelamar itu terdiri dari Kecamatan Talang Ubi ada 36 pelamar, Penukal ada 26 pelamar. Penukal Utara ada 23 pelamar, Tanah Abang ada 22 dan Abab ada 19 pelamar.

Sementara, jenjang pendidikan pelamar mulai dari tingkat SLTA  D1, D3, S1 bahkan ada dari S2. Dimana dua orang dari S2 dan 70 orang dari S1. 

Basrul menjelaskan, ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui pelamar. Nanti, pada akhirnya akan diambil 15 orang terbagi di 5 kecamatan. 

“Artinya ada tiga orang per kecamatan yang menjadi anggota Panwascam," terangnya. 

BACA JUGA:KPU Buka Peluang Penambahan Kursi di DPRD PALI

Ia menjelaskan, tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas pelamar. Kemudian yang lolos akan mengikuti tes tertulis, lalu uji publik dan terakhir tes wawancara.

“Untuk lokasi tes tertulis, kami sudah cek. Rencananya tempat tes tertulis berbasis komputer, yakni di ruang Lab Komputer SMA Negeri 1 Talang Ubi. Kegiatan tes tertulis rencananya akan dilaksanakan pada 14 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2022," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com