Honda

Sarana Pemandian Umum Dipasang Bio Septic Tank

Sarana Pemandian Umum Dipasang Bio Septic Tank

Stafter Kodim 0405/Lahat, Serda Diki P dan Serda Beni Yulanda akan memindahkan bio septic tank, untuk sarana pemandian umum, Kamis 6 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Terobosan baru dilakukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat pada program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, dikhususkan untuk fasilitas umum (Fasum) Pemandian Umum, akan dipasang septic tank lain daripada yang lain.

"Biasanya, untuk tempat akhir pembuangan limbah akan digali tanah, kali ini, menggunakan bio septic tank dengan kapasitas penampungan hingga 3.000 liter,” ujar Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Kamis 6 Oktober 2022.

Hal ini, sambung Toni, untuk mendukung program dari Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MM MTr Han yakni, BASEMAH (Bersih, Sehat dan Ramah Lingkungan).

"Nah, dengan menggunakan bio septic tank ini, air yang dibuang pun sudah dalam kondisi bersih, jernih dan tidak berbau tentunya. Karena alat ini akan memprosesnya sedemikian rupa," ujarnya.

BACA JUGA:Naik Motor Trail Kesayangan, Dansatgas Tinjau Lokasi Pembangunan TMMD ke 115

Dirinya menambahkan, sebelum ini juga telah dipasang pada saat pembangunan sarana pemandian umum di MTs Sukacinta, Kecamatan Merapi Barat yang akan membantu lingkungan dan tidak akan tercemar.

"Oleh karena itulah, kemungkinan besar akan kami pasang juga dibeberapa titik, guna mendukung program kerja demi menjaga kenyamanan, kesehatan serta kelestarian lingkungan sekitar," tegas Toni Oki Priyono. 

Berita terkait,sembari menaiki motor trail kesayangannya, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, yang dipusatkan di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, menelusuri ke lokasi beberapa pembangunan fisik diantaranya,

Rehab Masjid Nurul Iman, Bedah Rumah milik Nenek Ratna, pembangunan fasilitas umum (Fasum) Pemandian Umum, Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling).

Kemudian, pengerjaan jembatan penyeberangan, akses jalan sepanjang 2,5 kilometer (KM) lebar 8 meter, dan platduiker.

"Betul, bersama rombongan dengan motor trail melihat dari dekat progress pengerjaan beberapa bangunan, yang memang masuk dalam program TMMD, seperti disebutkan diatas, sehingga ketika dimulai persiapannya semuanya bergerak dan selesai tepat waktunya," jelasnya, Kamis 6 Oktober 2022.

Dirinya mengaku, untuk rehab Masjid Nurul Iman, pembongkaran dan pemasangan atap hampir selesai, pembuatan gudang penyimpanan pun tinggal memasang keramik, dinding yang dijebol pun telah kerjakan oleh personel TMMD.

"Lalu beralih ke bedah rumah, batu bata telah mencapai empat meter, kamar tidur, kamar mandi, septic tank, pipa paralon semuanya tinggal sentuhan akhir saja," ucap Toni Oki Priyono.

BACA JUGA:Dansatgas TMMD Pantau Pembongkaran Atap Masjid Nurul Iman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com