Honda

Jalur Anak Sungai Dibersihkan Excavator TMMD ke 115

Jalur Anak Sungai Dibersihkan Excavator TMMD ke 115

Alat berat excavator sedang membersihkan rerumputan yang menutupi jalur anak sungai, Sabtu 8 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pengerjaan pembukaan akses jalan sepanjang 2,5 kilometer (KM) yang menghubungkan Desa Pagarbatu menuju Perigi, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat terus berlanjut. 

Dalam program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat.

Kali ini, alat berat excavator sedang membersihkan rerumputan maupun ranting dari pepohonan yang menutupi jalur aliran anak sungai, dan di atasnya terdapat bangunan jembatan penghubung.

Koordinator Pekerja Jalan, Serma Fauzi membenarkan, bahwasanya ada jembatan penghubung yang tertutup rapat oleh rerumputan dan ranting-ranting, sehingga menyulitkan operator apakah anak sungai tersebut dalam atau tidak.

BACA JUGA:Warga Bawa Material TMMD ke 115 Lewat Jembatan Gantung Terpanjang di Sumsel

"Oleh sebab itu, operator yang mengoperasikan alat berat excavator untuk lebih berhati-hati, dikarenakan kondisinya tidak diketahui, apakah dalam atau tidak aliran anak sungai tersebut," ulasnya, Sabtu 8 Oktober 2022.

Untuk itulah, sambung dirinya, disetiap melakukan pekerjaan apalagi membuka akses jalan seperti ini, kondisi alam dan lingkungan harus diperhatikan dengan seksama.

"Jangan sampai kita tidak mengetahui medannya, karena kawasan jalan memang kanan kirinya hutan semua, dan mayoritas ditumbuhi tanaman kopi dan karet milik warga setempat yang berkebun," papar Serma Fauzi.

Serma Fauzi menerangkan, makanya sebelum dilaksanakan pengerjaan, personel TMMD termasuk operator alat berat, selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan penduduk desa terhadap kondisi di lapangan.

"Jangan sampai, dalam melaksanakan tugas nantinya ada kendala dan hambatan, semuanya harus dikomunikasikan terlebih dahulu," tegasnya.

Berita Terkait, Pengerjaan pemasangan atap bangunan Masjid Nurul Iman, Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat telah selesai 100 persen.

"Alhamdulillah, atap Masjid Nurul Iman selesai diganti semua oleh personel TMMD, dan kini semuanya menghijau mulai dari bagian atas hingga atap di pelataran maupun bangunan utama," kata Kepala Desa (Kades) Pagarbatu, Yuniardi, Sabtu 8 Oktober 2022.

Yuniardi menuturkan, tinggal menyisakan pengecatan bangunan dan penyelesaian dinding pelataran, gudang penyimpanan barang serta kamar mandi.

"Kini, tinggal beberapa bangunan saja, dan anggota terus bergerak sehingga selesai tepat pada waktunya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com