Honda

Motif Tetap Sama Coba dengan Warna Benang Lain

Motif Tetap Sama Coba dengan Warna Benang Lain

MENENUN : Ketua TP PKK Desa Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur berswafoto dengan kader yang menenun kain songket, Sabtu 8 Oktober 2022.-TP PKK BANJARSARI FOR PALPRES.COM-

LAHAT,PALPRES.COM- Kreasi dan inovasi yang ditampilkan jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat memang tidak bisa dipungkiri lagi, dimana, baru-baru ini mereka meraih Juara Pertama Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat kabupaten, dengan tenun kain songket yang diterima pangsa pasar.
 
Ketua TP PKK Desa Banjarsari, Susevi Yuliani menuturkan, untuk itulah, pihaknya akan berkreasi dengan warga benang lain tentunya dengan mempertahankan motif yang sama.
 
 
"Selama ini, benang yang dipergunakan berwarna biru, nah, kita akan coba dengan sesuatu berbeda, supaya memiliki kreativitas dalam menenun, dan konsumen tidak akan merasa bosan," jelasnya, Sabtu 8 Oktober 2022.
 
Sejauh ini, sambung dia, untuk mesin penenun di sangar tenun kain songket berjumlah enam buah, dengan tenaga kerja yang sudah menguasainya dengan baik sekali.
 
 
"Khusus bahan baku dan tenaga kerjanya, kita kirim ke Palembang, supaya mereka belajar disana dan ketika kembali telah menguasai," ucap Susevi Yuliani.
 
Susevi Yuliani menuturkan, saat ini untuk kain songket bermotif Bukit Telunjuk dipasarkan seputaran Kabupaten Lahat, mayoritas pembelinya ibu-ibu pejabat dan pesanan bagi tamu agung.
 
 
"Harga yang kita tawarkan tidaklah mahal alias terjangkau isi kantong. Makanya, untuk variasinya kita gunakan benang warna lain," pungkasnya.
 
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Aldiansyah mengemukakan, kedepan dengan semakin banyak pesanan dan mencoba variasi lain, kain songket hasil ibu-ibu PKK dapat diterima dipasaran luar Kabupaten Lahat.
 
 
"Untuk itulah, melalui promosi di media online, cetak dan sosial akan membuat pengusaha melirik hasil yang dikerjakan, dan bila perlu tembus hingga ke tingkat nasional," tandasnya. DEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com