Honda

Sedih, Indonesia Gagal Lolos Piala Asia U-17 2023 Karena Kurang Sebiji Gol

Sedih, Indonesia Gagal Lolos Piala Asia U-17 2023 Karena Kurang Sebiji Gol

Pemain Timnas Indonesia U-17 Muhammad Nabil Asyura berduel memperebutkan bola dengan pemain Malaysia. --JPNN.com

BOGOR, PALPRES.COM - Asa Timnas Indonesia U-17 lolos ke Piala Asia 2023 punah sudah. Skuad Garuda Asia dipastikan gagal mendapat tiket ke sana melalui jalur runner-up terbaik. 

Ini gara-gara kekalahan menyesakkan 1-5 dari Malaysia U-17 di Stadion Pakansari, Minggu 9 Oktober 2022.

Akibatnya, Indonesia harus merelakan posisi puncak klasemen Grup B dikuasai Malaysia, yang langsung lolos ke putaran final Piala Asia. 

Sementara Indonesia sangat rentan posisinya di antara runner-up terbaik grup lain, yang total terdiri dari sepuluh grup, dari mulai A sampai J.

AFC hanya memilih enam runner-up terbaik, dan Indonesia sempat berada di posisi keenam sebelum laga grup lain tuntas, utamanya pertandingan India.

Apa lacur, lantaran kalah selisih gol, Indonesia terlempar dari enam besar runner-up terbaik. 

Padahal Laos di posisi enam runner-up terbaik hanya unggul sebiji gol dari Indonesia, yakni -2, sementara Indonesia -3.

Untuk meraih tiket lolos dari jalur runner-up terbaik memang sangat sulit. 

Pasalnya, hasil melawan klasemen di bawah tiga besar tak dihitung.

Artinya, kemenangan Indonesia melawan Guam dan Palestina jadi cuma-cuma.

Sekadar informasi di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, khusus untuk grup dengan lima peserta seperti Grup B, hasil pertandingan dengan tim peringkat keempat dan kelima tidak masuk hitungan dalam penentuan enam runner up terbaik.

Sedangkan grup yang berisi empat peserta, hasil pertandingan dengan tim peringkat keempat juga tak masuk dalam perhitungan enam runner up terbaik.

Kemenangan 2-1 Laos atas Kyrgyzstan pada matchday terakhir Grup I menjadi kunci keberhasilan mereka menggeser Indonesia, yang sempat menempati peringkat keenam klasemen runner-up terbaik. 

Adapun, putaran final Piala Asia U-17 2023 awalnya akan diselenggarakan di Bahrain pada 3-20 Mei tahun depan. Namun, Bahrain menyatakan mundur sebagai tuan rumah Piala Asia U17 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: