Honda

Tarik Tali Pengukurnya, Supaya Sama Lebar Jalannya

Tarik Tali Pengukurnya, Supaya Sama Lebar Jalannya

Dua personel TMMD sedang mengukur lebar akses jalan yang dibuka, Senin 17 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- "Tarik tali pengukurnya, supaya sama lebar akses jalannya", sepenggal kalimat yang disampaikan salah satu personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, yang berada di akses jalan menghubungkan dua desa, di Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

"Sebelumnya, akses jalan ini hanya dilintasi sepeda motor warga setempat saja, memang banyak kebun di dalamnya," jelas Komandan Kelompok (Danpok) Pekerjaan Akses Jalan, Serma Fauzi, Senin 17 Oktober 2022.

Serma Fauzi menerangkan, sehingga akses keduanya hanya bisa dilalui menggunakan jembatan gantung, yang notabenenya satu-satunya akses mereka untuk beraktifitas.

"Hasil bumi yang dibawa dari kebun, harus melintasi jembatan gantung, sehingga agak sedikit terisolir dari dunia luar," ucapnya.

BACA JUGA:Personel TMMD Bangun Sarana MCK Tekan Angka Stunting

Nah, dengan adanya program TMMD ini, maka, item pembangunan fisik yang sedang berlangsung, menjadi acuan berkembangnya desa agar tidak dikategorikan terisolir.

"Selain akses jalan sepanjang 2,6 kilometer (KM) ini, nantinya dibangun juga jembatan penyeberangan yang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat," sebut Serma Fauzi.

Serma Fauzi berharap, kedepannya dua desa ini tidak akan lagi dikatakan terisolir, karena telah memiliki sarana yang dibutuhkan.

"Mudah-mudahan, semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif. Sebab ini semata-mata demi kepentingan masyarakat," harapnya. 

Berita Terkait, Pengerjaan plat duiker di titik 1 terus dikebut dengan pemasangan batu kali sebagai pondasi dasar bangunan sepanjang 8 meter, agar sesuai dengan denah gambar acuan yang telah diberikan.

"Betul, setelah alat berat excavator mengeruk tanahnya, maka, batu kali harus disusun sepanjang lebar akses jalan," jelas Komandan Kelompok (Danpok) plat duiker dan Poskamling, Serda Saragih, Senin 17 Oktober 2022.

Serda Saragih mengatakan, setidaknya ada dua titik plat duiker yang akan dikerjakan, pada akses jalan 2,6 kilometer (KM) yang menghubungkan Desa Pagarbatu dengan Perigi, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Sebelum Bekerja, Kapten Inf Mulyadi Berikan Amanah Kepada Personel TMMD

"Untuk itulah, baik operator alat berat dan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat dibantu masyarakat setempat, untuk saling bahu membahu sehingga pekerjaan selesai tepat pada waktunya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com