Honda

Bangunan Poskamling Mulai Naik Susunan Batu bata

Bangunan Poskamling Mulai Naik Susunan Batu bata

Personel TMMD dan warga Desa Pagarbatu, sedang mengerjakan pembangunan sarana poskamling, Kamis 20 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Bangunan pos keamanan lingkungan (Poskamling) pada program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang kini mulai naik susunan batu bata.

"Kombinasi TNI dan warga saling membantu, mengerjakan item poskamling yang bersebelahan dengan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)," jelas Komandan Kelompok (Danpok) Platduiker dan Poskamling, Serda Saragih, Kamis 20 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, bangunan Poskamling dititik sini memang sangat dibutuhkan, hal ini, ada beberapa aset desa dan berdekatan dengan akses jalan.

"Terlebih lagi, saat ini akses jalan sepanjang 2,6 kilometer (KM) terus bergerak, yang kedepannya menjadi akses hilir mudik baik warga setempat maupun penduduk tetangga," ucapnya.

BACA JUGA:Anggota DPR RI Jadi Narasumber Sosialisasi KB kegiatan TMMD ke 115

Dirinya menambahkan, apabila poskamling rampung, nantinya kepada Pemerintah Desa (Pemdes) mengaktifkan ronda malam, memberikan keamanan dan kenyamanan.

"Tinggal Pemdes Pagarbatu untuk mengaktifkan ronda malam, sehingga poskamling ini berfungsi sebagaimana mestinya," harap Serda Saragih.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pagarbatu, Yuniardi menyampaikan, selama ini, titik poskamling hanya satu unit berada di pangkal jembatan gantung, tapi kini berdiri lagi, hal ini akan membantu memberikan pelayanan terbaik kepada penduduk.

"Memberikan rasa aman dan nyaman, nantinya pihaknya akan melakukan aktifitas ronda malam, supaya desa benar-benar aman dari gangguan Kamtibmas," tegasnya.

Berita Terkait, Setelah melalui perjuangan dalam menyeberangi alat mesin sumur bor, melintasi derasnya arus Sungai Lematang, kini peralatan tersebut telah berdiri tegak dan memulai kinerjanya mencari sumber air bersih yang telah ditentukan titiknya.

"Betul, mesin sumur bor sudah bergerak secara perlahan pada titik sumber air bersih, yang berada di fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK)," jelas Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil, Kamis 20 Oktober 2022.

Selain itu, sambung Bambang Nur Ragil, air bersih tersebut akan dialiri pada sarana pemandian umum, kemudian untuk pemukiman penduduk Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Dinding Masjid Prabu Nurul Iman Kini Berwarna Hijau

"Selama ini, warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bergantung pada Sungai Lematang, tapi, kali ini, kita ubah pola mindsetnya sehingga mereka mengalihkan memanfaatkan sarana MCK," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com