Honda

Dinas PUPR Muba Turunkan Tim Ahli POLSRI Perbaiki Longsor di Desa Berlian Makmur

Dinas PUPR Muba Turunkan Tim Ahli POLSRI Perbaiki Longsor di Desa Berlian Makmur

Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Muba bersama Tim Polsri meninjau lokasi longsoran di Desa Berlian Makmur-Firdaus Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Usai ditinjau langsung oleh PJ Bupati Musi Banyuasin (Muba), Drs Apriyadi longsoran yang berada di Desa Berlian Makmur, Kecamatan Sungai Lilin. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersam tim Ahli dari Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), meninjau lokasi longsoran tersebut, Kamis 20 Oktober 2022.

BACA JUGA:Gandeng Poltek Unsri, Ini Target PUPR Muba Dalam Menerapkan SOP Bagi Rekanan

"Kita sudah melihat langsung kondisi di lapangan, penyebab longsor karena struktur tanah yang berpasir, dimana daerah di sini ada kemiringan yang sangat signifikan," ujar Ketua Tim Ahli Pendampingan Teknis dari Politeknik Negeri Sriwijaya, Ibrahim, ST., MT.

Selain itu, longsor juga disebabkan drainase yang kurang baik, sehingga air masuk ke dalam pori-pori tanah, sehingga tanah menjadi jenuh dan berujung pada longsor. 

BACA JUGA:Usai Tinjau Longsoran di Desa Tanang Abang, PJ Bupati Muba Bergeser ke Desa Berlian Makmur

"Kita sudah lakukan pengukuran volume dan lebar, longsor dengan kedalaman 9 meter dan panjang 45 meter," katanya. 

Untuk menanggulangi bencana longsor, sambung dia, pihaknya menyarankan dibangun dinding dengan sistem penahan bertingkat.

"Nanti digunakan penahan atau trap hingga lima buah. Lalu, setiap trap diisi tanah kerikil yang dipadatkan, dan akan dibuatkan drainase baik di atas maupun di bagian samping," jelasnya. 

BACA JUGA:Dapat Kabar Warga Tanah Abang Terdampak Longsor, Ini yang Dilakukan Pj Bupati Apriyadi

Sementara, Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Muba Irfan melalui Sub Koordinator Penanggulangan Darurat Frans Gustian mengatakan, hasil kajian teknis Tim Ahli Pendampingan Teknis dari Politeknik Negeri Sriwijaya akan segera dilaporkan ke Plt Kadis PUPR Muba. 

"Hasil kajian kita sampaikan pada pimpinan untuk diteruskan ke Pj Bupati Muba. Ada bangunan yang harus diselamatkan yakni gedung sekolah, pemukiman warga dan tower telekomunikasi," tandasnya. 

BACA JUGA:Longsor di Desa Terusan Muara, Rumah Tergerus ke Sungai

Sebelumnya, cuaca ekstrim beberapa pekan lalu yang menyelimuti sejumlah kawasan di Kabupaten Muba menyebabkan di beberapa lokasi terkena insiden longsor. Salah satunya di Desa Berlian Makmur (C2) Kecamatan Sungai Lilin tepat di belakang halaman SMA Negeri 2 Sungai Lilin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com