Honda

Kenali Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Kenali Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

kenali gejala gagal ginjal pada anak-freepik-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Penyakit gagal ginjal akut misterius yang tiba-tiba menyerang anak usia belita patut diwaspadi oleh orang tua.

Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan penggunaan obat sirup bagi anak untuk mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal akut yang ditengarai akibat adanya kandungan zat berbahaya di dalam obat sirup.

Namun, sebagai orang tua patut mengenali gejala-gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut pada anak.

Gagal ginjal pada anak terjadi ketika fungsi ginjal menurun signifikan bahkan hingga tidak bekerja.

BACA JUGA:Kemenkes Larang Masyarakat Konsumsi Obat Sirup, Ganti dengan Tablet Atau Kapsul

Ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring racun dan kotoran dalam tubuh. Selain itu ginjal berfungsi mengeluarkan limbah dari tubuh lewat urin dan juga mengontrol cairan di dalam tubuh.

Fungsi lain dari organ ginjal ialah memproduksi sel darah merah dan kadar kalsium dan mineral dalam tubuh serta mengatur tekanan darah.

Bayangkan saja jika organ ginjal tiba-tiba tidak bisa bekerja apa yang akan terjadi pada tubuh kita.

Ada beberapa penyebab gagal ginjal pada anak bisa dari infeksi, gagal jantung, keracunan, overdosis obat, kelainan bawaan atau penyakit ginjal kronis yang tidak diobati sampai tuntas.

BACA JUGA:Aturan Pakai Obat Paracetamol Agar Aman Dikonsumsi

Sebagai orang tua, sebaiknya kenali gejal-gejala gagal ginjal akut pada anak.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, anak yang fungsi ginjalnya menurun drastis bisa mengalami mual, muntah-muntah parah, dan tidak nafsu makan. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan kadar ureum di dalam darah.

Penderita gagal ginjal pada anak biasanya juga terlihat pucat. Hal itu disebabkan rusaknya ginjal menurunkan produksi sel darah merah secara signifikan. Akibatnya, anak mengalami anemia berat.

Orangtua juga perlu waspada jika anak sering lemas dan badannya sering kelelahan padahal aktivitas fisik minim dan sudah cukup istirahat. Penderita gagal ginjal bisa merasa kelelahan karena penumpukan ureum di dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: