Honda

Pasang Kloset Jongkok, Bantu Turunkan Angka Stunting dari Program TMMD ke 115

Pasang Kloset Jongkok, Bantu Turunkan Angka Stunting dari Program TMMD ke 115

Kloset duduk sudah ada di Fasum MCK, Senin 24 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Kloset jongkok yang dipasang di lokasi fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK), sebagai gambaran aksi gerakan penurunan angka stunting di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat sebagai bukti nyata, dari komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, ditambah lagi pemakaian Bioluks Septic Tank.

"Bukan sekedar sumber air bersih dan sanitasi saja, dalam menunjang pencegahan stunting di Bumi Seganti Setungguan ini, dengan kloset atau jamban sehat pun mempengaruhi," terang Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Senin 24 Oktober 2022.

Toni Oki Priyono menuturkan, dengan adanya Fasum yang memadai, sehat dan bersih inilah, mampu menciptakan sekaligus mengajarkan penduduk untuk mengambil keputusan.

"Diketahui, bahwasanya Desa Pagarbatu ini sangat berdekatan dengan Sungai Lematang, sebagai sumber kehidupan mereka, nah, hal inilah yang wajib kita ajarkan supaya mengubah mindsite selama ini," jelasnya.

BACA JUGA:Wales Stump Mulai Roller Akses Jalan Penunjang Ketahanan Pangan

Dirinya mengemukakan, mengajarkan sekaligus memberikan penyuluhan terkait PHBS, agar mereka tidak buang air besar sembarangan (BAB's) baik di sungai ataupun di darat.

"Karena itu dapat menjadi cikal bakal timbulnya bibit penyakit, yang bisa menyerang siapa saja, dari balita, anak-anak, remaja serta orang dewasa," tegas Toni Oki Priyono. 

Berita Terkait, Progres pengerjaan pembuatan gudang sekaligus rak hijau penyimpanan barang, Masjid Prabu Nurul Iman, Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat telah selesai dilaksanakan.

"Alhamdulillah, untuk pembongkaran tempat wudhu yang diubah menjadi gudang, maupun pembuatan rak telah rampung termasuk keramik," ungkap Komandan Kelompok (Danpok) Rehab Masjid, Peltu Maman Suryaman, Senin 24 Oktober 2022.

Peltu Maman Suryaman menerangkan, pintu gudang penyimpanan pun tidak ada hambatan lagi, untuk atap, dinding, pagar, pintu besi, kusen jendela pintu masuk masjid dan pelataran belakangnya pun semuanya selesai.

"Tidak ada persoalan lagi, tinggal memperbaiki kamar mandi, sehingga terlihat lebih nyaman dan representatif bentuknya," jelasnya.

BACA JUGA:Fasum Cucian Dibangun, Topang Sanitasi Bersih dan Sehat

Dirinya mengharapkan, dengan telah direhab bangunan Masjid Prabu Nurul Iman ini, pastinya akan memberikan efek positif kepada jemaah dalam menjalankan ibadah.

"Shalat lebih baik dan semakin khusyuk, kegiatan keagamaan bisa dipergunakan di pelataran masjid. Inilah apa yang ditunjukan Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat bekerja," tegas Peltu Maman Suryaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com