Honda

Rangka Plafon Rumah Nenek Ratna Terpasang

Rangka Plafon Rumah Nenek Ratna Terpasang

Personel TMMD ke 115, sedang memasang rangka plafon rumah Nenek Ratna, Senin 24 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat telah memasang rangka plafon rumah Nenek Ratna (90) warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

"Betul, personel telah memasang rangka plafon supaya tidak panas serta terlihat lebih baik," ungkap Komandan Kelompok (Danpok) Bedah Rumah, Pelda Djuli Hartono, Senin 24 Oktober 2022.

Pelda Djuli Hartono menerangkan, setelah rangka terpasang secara keseluruhan, barulah selanjutnya diteruskan dengan plafon untuk menutupi atap.

"Kita akan buat plafon rumah minimalis dan sebaik mungkin, agar Nenek Ratna merasa nyaman dan aman ketika menempatinya," paparnya.

BACA JUGA:Pasang Kloset Jongkok, Bantu Turunkan Angka Stunting dari Program TMMD ke 115

Ia menambahkan, untuk plesteran semen maupun plamiran rampung, pada bagian luar dan dalam bangunan, kini tinggal melakukan pengecatan saja.

"Mengingat waktu yang diberikan tidak lama, maka anggota terus bergerak dibantu masyarakat desa. Disamping itu, pemasangan daun pintu dan jendela segera dikerjakan," beber Pelda Djuli Hartono. 

Berita Terkait, Fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK) berangsur-angsur mulai terlihat progresnya, kini, personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, kini tengah membangun sarana khusus untuk pencucian dengan ukuran 2x2 meter persegi.

"Hal ini, supaya ketika masyarakat beraktifitas tidak campur dengan yang lain, karena untuk pencucian ada tersendiri," jelas Komandan Kelompok (Danpok) MCK, Serda Ahyar, Senin 24 Oktober 2022.

Serda Ahyar menerangkan, hal ini tiada lain guna menopang sanitasi yang bersih dan sehat, sehingga air limbah yang mereka hasilkan dapat mengalir dalam satu kesatuan.

"Semuanya kita buatkan dalam satu pipa aliran, bukan hanya sanitasi, lingkungan sekitar pun tidak terkontaminasi sedikitpun," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dengan memberlakukan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tidak akan terlepas dari penurunan angka stunting yang kini gencar dilakukan jajaran Kodim 0405/Lahat.

BACA JUGA:Wales Stump Mulai Roller Akses Jalan Penunjang Ketahanan Pangan

"Bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, untuk terus berjuang dan berinovasi, supaya masyarakat yang selama ini buang air besar (BAB) di sungai ataupun darat, kini telah disediakan sarana memadai," terang Serda Ahyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com