Honda

Selesai Temukan Air Bersih, Peralatan Sumur Bor Diangkut Kembali

Selesai Temukan Air Bersih, Peralatan Sumur Bor Diangkut Kembali

Peralatan mesin sumur bor diangkut kembali oleh personel TMMD, setelah selesai dilaksanakan, Senin 24 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Setelah selesai menemukan sumber air bersih di fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK), seluruh peralatan diangkut kembali oleh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat secara bergotong royong.

"Betul, peralatan yang ringan langsung dibawa anggota menyeberangi jembatan gantung, sedangkan berat menggunakan alat berat excavator," ujar Komandan Kelompok (Danpok) MCK, Serda Ahyar, Senin 24 Oktober 2022.

Senada, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil mengemukakan, alat-alat seperti mesin sumur bor yang tonasenya berat, langsung diangkut menggunakan excavator.

"Seperti semula, mesin sumur bor akan diangkut alat berat, hingga ke bibir Sungai Lematang ditempatkan diatas rakit yang dimodifikasi dengan ban," ungkapnya.

BACA JUGA:Alat Berat Excavator Tuntun Wales Stump ke Lokasi Akses Jalan

Dirinya menambahkan, makanya dikerahkan personel TMMD, sehingga pipa, tiang dan lainnya bisa di bawa bersamaan.

"Sehingga pengerjaan rampung, dan bisa melanjutkan dengan yang lain, mengingat waktu yang diberikan tidak lama," tegas Bambang Nur Ragil.

Berita Terkait, Fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK) berangsur-angsur mulai terlihat progresnya, kini, personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, kini tengah membangun sarana khusus untuk pencucian dengan ukuran 2x2 meter persegi.

"Hal ini, supaya ketika masyarakat beraktifitas tidak campur dengan yang lain, karena untuk pencucian ada tersendiri," jelas Komandan Kelompok (Danpok) MCK, Serda Ahyar, Senin 24 Oktober 2022.

Serda Ahyar menerangkan, hal ini tiada lain guna menopang sanitasi yang bersih dan sehat, sehingga air limbah yang mereka hasilkan dapat mengalir dalam satu kesatuan.

BACA JUGA:Keramik Dinding MCK Dipasang Personel TMMD ke 115

"Semuanya kita buatkan dalam satu pipa aliran, bukan hanya sanitasi, lingkungan sekitar pun tidak terkontaminasi sedikitpun," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dengan memberlakukan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tidak akan terlepas dari penurunan angka stunting yang kini gencar dilakukan jajaran Kodim 0405/Lahat.

"Bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, untuk terus berjuang dan berinovasi, supaya masyarakat yang selama ini buang air besar (BAB) di sungai ataupun darat, kini telah disediakan sarana memadai," terang Serda Ahyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com