Honda

Pengerasan Akses Jalan Dimulai dari Titik Nol

Pengerasan Akses Jalan Dimulai dari Titik Nol

Truk pengangkut material batu, mulai ditempatkan di lokasi untuk dilakukan pengerasan jalan, Selasa 25 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pengerasan akses jalan sepanjang 2,6 kilometer di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat telah dimulai dari titik nol.

"Material bebatuan bercampur pasir diangkut menggunakan truk, yang diletakkan pada akses jalan, setelah itu barulah, alat berat Grader dibantu bulldoser akan meratakan," ucap Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP didampingi Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil, saat meninjau lokasi, Selasa 25 Oktober 2022.

Toni Oki Priyono menuturkan, material batu tersebut dimulai dari titik nol, secara bertahap pengerjaan terus dilanjutkan ke titik-titik berikutnya hingga berakhir di kilometer 2.600 meter.

"Terlebih lagi, saat ini musim penghujan, makanya pengerjaannya akan dipercepat, setelah di skrap barulah dipadatkan menggunakan Wales Stump," paparnya.

BACA JUGA:Plafon Rumah Nenek Ratna Berwarna Putih

Hal ini, sambung dia, untuk mendukung sekaligus menopang perekonomian masyarakat desa, yang mata pencaharian mereka mayoritas berkebun dan mengharap sawah.

"Tentunya ini sangat produktif sekali, dalam ketahanan pangan warga, disamping itu, hasil kebun dan sawah juga bisa dijual di pasar, melalui akses jalan yang dibuka ini," sebut Toni Oki Priyono.

Toni Oki Priyono berharap, dengan adanya akses jalan dan jembatan penyeberangan, maka pintu perekonomian terbuka sangat lebar dan memberikan kemudahan bagi lainnya.

"Sebab, semuanya ini disokong dari pembangunan fisik, agar terhubung dengan baik dan lancar, termasuk juga terkoneksi ke Ibukota Kabupaten," pungkasnya. 

Berita Terkait, Satu lagi alat berat yakni Grader yang diterjunkan untuk membantu pengerjaan infrastruktur akses jalan, alat berat yang memiliki roda ban dengan alat kerja berupa blade ini berfungsi utama untuk meratakan jalan.

“Grader ini kita perlukan, untuk membantu alat berat lainnya, terutama sekali meratakan tanah maupun bebatuan pengerasan akses jalan, sehingga lebih cepat ratanya," ungkap Komandan Kelompok (Danpok) Akses Jalan, Serma Fauzi, Selasa 25 Oktober 2022.

Serma Fauzi mengatakan, bebatuan untuk pengerasan telah menunaikan kewajiban dari titik nol, nah, selanjutnya tugas Grader merapikannya.

"Truk pengangkut bebatuan telah dikerahkan turun ke lokasi, nantinya secara perlahan-lahan material tersebut akan menutupi tanah sehingga padat dan bisa dilalui kendaraan," paparnya.

BACA JUGA:Sajadah Hingga Sapu dan Speaker Disimpan Di Gudang Penyimpanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com