Honda

5 Tips Mengolah Gurita Agar Tidak Alot dan Amis

5 Tips Mengolah Gurita Agar Tidak Alot dan Amis

Ilustrasi Membersihkan Gurita-By tokopedia-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Gurita adalah salah satu hidangan laut yang mudah dimasak, tapi karena tekstur gurita yang terlalu matang akan alot digigit.  Kalau dimasak terlalu matang, maka akan mengubah tekstur gurita yang seharusnya lembut akan menjadi alot seperti karet.

 

Cobalah merebusnya hingga teksturnya benar-benar lunak terlebih dahulu, Agar enak dimakan.  Manfaat gurita untuk kesehatan tubuh menjaga kesehatan jantung, mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, Mencegah pertumbuhan sel kanker, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, meredakan migran, Asalkan makannya jangan berlebih.

 

Gurita secara keseluruhan, krustasea, moluska dan ikan beberapa hewan yang paling umum akan dimakan oleh gurita.  tapi sebaliknya gurita cenderung menghindari hewan pertahanan alami seperti kerang batu dan abalon.

 

Nah kali ini ada tips dari mba Trena Nur Andini, tips membersihkan dan mengolah gurita agar tidak keras, yuk mari intips rahasianya;

 

BACA JUGA:Resep Bolu Sarang Semut Cuma Pakai 3 Telur

5 Tips Cara Mengolah Gurita;

 

1. Biarkan Cair Terlebih dahulu gurita yang beku.

 

Pada saat kita membeli gurita biasanya dalam kondisi beku, hal tersebut untuk membuat gurita menjadi lebih tahan lama dan tetap segar.

Maka dari itu, kita perlu mencairkan gurita terlebih dahulu dengan cara mendiamkan dan meletakannya pada kulkas bagian bawah, setelah lunak baru bisa diolah.

 

2. Memotong dan mencuci gurita

 

Setelah gurita tidak beku lagi, teman-teman dapat melanjutkan langkah pengolahan selanjutnya yaitu membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di gurita.

 

Nah teman-teman jangan lupa untuk mencucunya di bawah air mengalir, hingga benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

 

3. Memisahkan bagian kepala dan tentakel

 

Satu ini sebenarnya opsioanl karena ada beberapa orang memilih untuk mengolah gurita secarat utuh, tapi kalau teman-teman ingin memudahkan dalam mengonsumsinya, maka kalian dapat memotong-motongnya terlebih dahulu sebelum diolah.

 

caranya pisahkan terlebih dahulu kepala dan tentakel lalu mulailah potong-potong bagian tubuh gurita sesuai dengan selera.  Kemudian cuci kembali dengan air hingga bersih.

 BACA JUGA:Resep Kabocha Jajanan Pasar Rasa Bintang Lima

 

4. Menghilangkan bau amis

 

Gurita sama dengan olahan laut lain, mungkin saja memiliki aroma yang tidak sedap, maka dari itu kalain dapat mensiasatinya dengan membaluri gurita dengan lemon ataupun dengan jeruk nipis.  Diamkan gurita yang telah dibaluri beberapa saat, Hal tersebut agar gurita tak lagi beraroma amis, dan lebih enak saat dikonsumsi.

 BACA JUGA:Resep Bolu Sarang Semut Cuma Pakai 3 Telur

 

5. Siapkan rempah - rempah untuk mengolahnya

 

Nah sembari teman-teman menunggu gurita yang sudah dibaluri jeruk nipis kamu bisa siapkan rempah-rempah untuk memasaknya, selain menghemat waktu cari ini agar tidak membuat kamu kerepotan lagi.

 

Teman-teman itu tadi tips untuk mengolah gurita agar tidak keras dan tidak amis tidak sulit buka, mari kita praktekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: