Honda

Sumber Mata Air Ada, Terbentur Penyaluran ke Rumah Warga

Sumber Mata Air Ada, Terbentur Penyaluran ke Rumah Warga

MATA AIR : Kades Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan, Sundri berada di sumber mata air yang belum bisa dimanfaatkan, Ahad 13 November 2022.-Istimewa-

LAHAT, PALPRES.COM- Desa Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan terletak di kawasan perkebunan kopi warga.
 
Tepatnya di perbukitan dikelilingi lereng-lereng perbatasan Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam.
 
 
Hingga saat ini desa yang dihuni sekitar 110 Kepala Keluarga (KK) itu, masih mengalami kekurangan air, terutama untuk mengairi perkebunan, sementara ada beberapa sumber mata air (Ulu Tulung).
 
Karena belum dilakukan pipanisasi dan bisa dimanfaatkan secara maksimal, warga di Desa ini melalui Pemerintahan Desa Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan.
 
 
Berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersedia menganggarkan untuk perpipaan, sebagai penunjang kesejahteraan di Desa yang warganya mayoritas menghuni rumah berbentuk dangau yang masih sederhana itu.
 
"Dengan potensi sumber mata air, kami mengusulkan kepada pemerintah untuk perpipaan seperti didaerah lain," ucap Kepala Desa (Kades) Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan, Sundari, Ahad 13 November 2022.
 
 
Sundri menambahkan, atas nama masyarakat, karena di desa yang ia pimpin termasuk daerah tadah hujan. Ada beberapa sumber mata air lagi perlu pembangunan seperti bendungan kecil.
 
"Di lembah desa, juga ada sumber mata air untuk dibuat embung (bendungan kecil), melihat anggaran untuk Desa kecil, harapan kami hanya kepada pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat," urainya.
 
Dirinya mengemukakan, memang jarak antara sumber air dengan pemukiman penduduk, lumayan jauh sehingga membutuhkan dana yang tidak sedikit.
 
"Kalau menggunakan dana desa, paling tidak berapa kali anggaran, makanya, kita meminta kepada Pemkab Lahat dan Pemprov Sumsel ikut membantu persoalan kebutuhan air bersih," harap Sundri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: