Honda

Walikota Pagaralam Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Walikota Pagaralam Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Walikota Pagaralam saat menghadiri acara Gemarikan. Pada acara itu ia mengajak masyarakat dapat menjadi gemar mengonsumsi ikan.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH membuka giat Penyuluhan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2022 di Gedung Seminar Hotel dan Vila Gunung Gare Pagaralam.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah siswa-siswi tingkat SD di Kecamatan Dempo Utara. 

Dalam arahannya, Kak Pian mengajak seluruh peserta, umumnya masyarakat Kota Pagaralam, untuk terus mengonsumsi ikan secara rutin.

“Kita ketahui bersama bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein yang memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik, terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan,” ungkap Kak Pian.

BACA JUGA:Sekali Panen Ikan Bisa Capai 1.000 Kg di Acara Lubuk Larangan

Kak Pian juga berharap kepada OPD terkait bersama dengan TP PKK dan Dharma Wanita untuk terus melakukan kegiatan, yaitu pada tingkat SD dan SMP. 

Karena mengonsumsi ikan menjadi alternatif yang paling tepat untuk terus meningkatkan kualitas SDM dengan pemenuhan protein yang cukup dan gizi yang seimbang.

“Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi maksud dan tujuan, serta ke depannya kita akan dapat terus melaksanakan berbagai upaya dalam pemenuhan gizi masyarakat, memperkuat ketahanan pangan, sekaligus meningkatkan kualitas SDM, khususnya di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Sementara beberapa tahun belakangan ini guna melestarikan sumber daya ikan serta membudidayakan masyarakat gemar ikan, sebanyak puluhan ribu bibit ikan disebar di berbagai tebat (kolam) milik warga di lima kecamatan di Pagaralam. 

Dengan penyebaran itu UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Kota Pagaralam memulai gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) yang diharapkan dapat menghasilkan ikan-ikan siap konsumsi.

Budi petugas BBI mengatakan untuk tahap pertama sudah dilaksanakan pembagian ke Tebat Rame Dusun Cawang Lama, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Panen 40 Ribu Lele, Warga Langsung Borong Beli

Ia mengatakan jika penebaran benih ikan mujair sebanyak 10.000 tidak lain merupakan program restocking untuk Tebat Desa. 

Nantinya program tersebut akan dilaksanakan di wilayah lain di setiap kecamatan di Kota Pagaralam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com