Honda

Hindari Kebiasaan Ini Agar Ginjalmu Sehat

Hindari Kebiasaan Ini Agar Ginjalmu Sehat

kenali gejala gagal ginjal pada anak-freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ginjal adalah duah buah organ yang berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Penyakit ginjal merupakan salah satu kondisi medis sangat rentan terjadi sehingga patut diwaspadai.

 

 

Fungsi ginjal yaitu menghasilkan ernin yang merupakan enzim untuk mengatur tekanan darah.  Senyawa eritropoeting yang berfungsi untuk menstimulasi produksi sel darah merah juga dihasilkan melalui ginjal.

 

Organ ini juga berfungsi untuk menyaring ampas metabolisme tubuh.  Bahkan ginjal yang sehat bisa menjaga kadar garam serta mineral tetap seimbang dalam tubuh. Hal yang tidak kalah penting, ginjal mampu menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D agar kesehatan tulang tetap terjaga.

 

 

Tahu kah kamu sekarang pasien cuci ginjal mulai banyak berusia muda? yang usianya bahkan umur 20an dan ada yang masih balita.  Jadi jangan dikira kamu masih muda lalu bisa bebas dari problem ginjal ya.  nah coba cek kebiasanmu dibawah ini dilansir dari akun Instagram Jotathan Edward;

 

 

BACA JUGA:Obat Gagal Ginjal Hibah dari Jepang Tiba di Indonesia, Pasien Berangsur Membaik

 

Berikut kebiasaan yang perlu kamu hindari, untuk mencegah ginjalnya mu rusak

 

1. Minum hanya dikala haus saja

 Dehidrasi tersembunyi yang sering jadi biang kerok awal problem ginjal. Ruangan berAC jd tidak haus. Padahal kalo suhu dingin, tubuh jd lebih sering buang air. Terus sering duduk2 pula, bonus bantalan sendi tulang belakangmu gampang kempes karena kurang air. Cukupkan cairan tubuh 30ml/kg berat badan ya minimal.

 

 

2. Kebiasaan Minum Manis-manis

Kalo cairan harianmu didominasi yang manis-manis. Seperti kopi, teh, soda, minuman kemasan lebih byk dari air putih, siap-siap sel ginjal kamu larut karena gula berlebih. Ngerti kan kenapa diabetes tdk terkontrol bikin gagal ginjal? Karena gula darah berlebih sifatnya melarutkan. Kalo kbykn manis2 bikin selaput tenggorokan meradang, nah ginjalmu jg sama.

 

 

BACA JUGA:Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak Dapat Disembuhkan dengan Cara Ini

 

3. Hobi makan asin-asin

 

Kalo makan pagi, siang, malam, dan cemilanmu didominasi rasa asin. Bisa jadi kamu kelebihan asupan garam. Dan garam sifatnya mengikat air, mempercepat kristalisasi deposit mineral di ginjal. Udah gitu tekanan darah di saringan ginjalnya jadi tinggi, karena darahnya semakin kental. Bayangin saringan tepung dipaksa teken nyaring jelly, ya jebol lama2.

 

4. Suka begadang

 

Sistem reparasi ginjal terjadi di malam hari sesuai siklus sirkadian matahari terbit tenggelam. Kalo jam tidurmu kacau, ginjal jd kacau jam reparasinya. Ngerti kan akibatnya mobil diajak kerja berat tapi minim waktu reparasi?

 

BACA JUGA:Kenali Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak

 

5. Dikit-dikit makan obat

 

Pusing dikit, cari obat sakit kepala. Nyeri lambung dikit minum obat lambung. Eh lama-lama keseringan jadi bad habits. Pemakaian obat lambung dan antinyeri jangka panjang & tdk sesuai beresiko ginjal jebol loh. Namanya juga obat kan, selalu konsul dokter ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: