Honda

Diterjang Angin Kencang Pohon Tumbang di Pagaralam

Diterjang Angin Kencang Pohon Tumbang di Pagaralam

Sebuah pohon tumbang di jalan raya dibersihkan petugas-Eko Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Sebuah pohon besar berada di kawasan Dusun Jambat Akar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara tumbang. Akibatnya,  Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara sempat tak bisa dilalui kendaraan, karena pohon tumbang itu memenuhi badan jalan.

Menindaklanjuti laporan warga, dengan sigap, Lurah Jangkar Mas Maman Firmansyah berkoordinasi dengan Camat Dempo Utara melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam.

BACA JUGA:Dampak Cuaca Ekstrim BPBD Muba Evakuasi Pohon Tumbang

“Memang hari ini angin kencang berhembus cukup kencang di wilayah Kota Pagaralam, akibatnya satu pohon di Dusun Jambat Akar tumbang, beruntung tidak ada laporan korban jiwa dari insiden pohon tumbang tersebut,” ucap Maman.

Terpisah Mengingat beberapa hari ini, Kota Pagaralam dilanda cuaca ekstrem disertai angin kencang. Karena itulah, pihak Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, mengimbau pada seluruh masyarakat serta para pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pohon tumbang.

BACA JUGA:Sigap, Satlantas Polres Muba Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Tutupi Jalan Protokol

“Untuk wilayah Kelurahan ini, tentunya masih banyak pepohonan. Nah, ditakutkan angin kencang yang melanda Pagaralam beberapa hari ini, bisa menyebabkan pohon tumbang,” ungkap Lurah Ulu Rurah Subandi SE.

Oleh sebab itu lanjut Subandi, pihaknya terus mengimbau pada semua warga serta pengguna jalan untuk mewaspadai pohon tumbang.

“Selain itu, kita (kelurahan, red), juga mengimbau masyarakat Kelurahan untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, demi mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat kedepan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pohon Tumbang di Prabumulih Nyaris Timpa Toko

Menyangkut hal tersebut sambung Subandi, kita meminta kerjasama dari seluruh Ketua RT dan RW yang ada, agar bisa menyampaikan imbauan tersebut pada warganya, baik itu meningkatkan kewaspadaan terhadap pohon tumbang maupun masalah kebersihan lingkungan,” pintanya.

Camat Dempo Utara Ardiansyah menuturkan, jika kondisi seperti saat ini tidak bisa diprediksi, untuk itu pengendara diimbau tetap waspada.

BACA JUGA:Bahayakan Pengguna Jalan, Dinas PUPR Pagaralam Pangkas Pohon

“Kepada para pengendara roda dua dan empat dihimbau selalu meningkatkan kehati-hatian. Dengan selalu menaati peraturan lalu lintas. Sebab, saat ini angin kencang dan hujan deras masih sering terjadi, yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan bencana seperti saat ini,” tandasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: