Honda

Manfaat Kumis Kucing, Cegah Tekanan Darah Tinggi Hingga Diabetes

Manfaat Kumis Kucing, Cegah Tekanan Darah Tinggi Hingga Diabetes

Tanaman Kumis Kucing memiliki manfaat mencegah Tekanan Darah Tinggi Hingga Diabetes--Pixaby.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kumis kucing punya manfaat? eits jangan salah paham dulu ya, yang dimaksud disini tanaman kumis kucing yang mempunyai manfaat bisa mencegah tekanan darah tinggi hingga diabetes.

 

Mengapa namanya kumis kucing? ya karena bentuk bunganya seperti kumis kucing. 

 

Tanaman ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh di area Asia Tenggara salah satunya negara kita yakni Indonesia.

 

Meskipun terdengar aneh namun tanaman ini cukup terkenal lho karena memiliki khasiat untuk kesehatan.

 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Kucing Untuk Anabul Kesayanganmu

 

Mungkin untuk kamu yang jarang atau bahkan tidak tahu tanaman ini seperti apa, pasti merasa bingungkan? jangankan manfaatnya bentuknya aja gak tahu. 

 

Nah untuk kamu yang belum tahu dan juga yang sudah tahu apa itu tanaman kumis kucing serta apa saja manfaatnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Dilansir dari halodoc.com berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada tanaman kumis kucing.

 

Orthosipshon stamineus atau kumis kucing ini memiliki khasiat utama yaitu antiradang, antioksidan atau antibakteri, biasanya bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk dijadikan bahan obat herbal yaitu daunnya, karena daun kumis kucing memiliki berbagai macam kandungan dengan menjadikan daun kumis kucing sebagai the herbal.

 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Fungsi 'Mata Kucing', Penjaga Keselamatan di Malam Hari

 

Berikut ini manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui:

 

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

 

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai, dan juga penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia. 

 

Untuk kamu yang ingin mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, kamu bisa banget untuk menonsumsi tanaman satu ini, kandungan antioksidan dan antiimfamasi yang mampu menyerang enzim pengubah angiotensi melalui bantuan rosmarinic, sehingga peregangan yang terjadi pada pembuluh darah dapat mencegah terjadinya tekanan darah.

 

BACA JUGA: 4 Manfaat Memelihara Kucing, Nomor 4 Bikin Kaget

 

2. Mengatasi Masalah Pada Ginjal

 

Penyakit atau masalah yang ada pada ginjal juga merupakan penyakit yang dapat membunuhmu secara perlahan, rasa sakit dan nyeri yang dirasakan saat ginjalmu bermasalah adalah hal yang sulit untuk diatasi.

 

Penyakit yang sering kita dengar pada ginjal yakni batu ginjal.

 

Nah untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan ekstrak daun serta batang tanaman kumis kucing, karena sifat antiinflamasi dan antimikroba yang ada pada tumbuhan ini dapat mencegah infeksi pada ginjal dan salurannya. 

 

Selain itu ketika kamu bisa mengolah tumbuhan ini menjadi teh.

 

BACA JUGA: Benarkah Memelihara Kucing Bisa Menyehatkan?

Maka sifat diuretik dan detiksiifikasi alami akan membantumu untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat batu ginjal menghilang, bukan hanya mencegah ataupun mengobati, tanaman ini juga mampu menjaga kesehatan ginjal dalam melarutkan asam urat, fosfat serta oksalat.

 

3. Mencegah Diabetes

 

Diabetes merupakan penyakit yang disebut dengan penyakit gula, karena disebabkan oleh tingginya kadar glukosa pada darah. 

 

Perlu kamu ketahui bahwasannya tanaman kumis kucing memiliki kandungan yang mampu untuk menurunkan kadar glukosa dalam darahmu lho, tidak hanya itu tanaman ini juga mampu untuk mencegah terjadinya masalah pada kadar glukosa pada darah mu atau mencegah terjadinya diabetes.

 

BACA JUGA: Puluhan Ekor Kucing di Tasikmalaya Dibantai, Organ Dalamnya Diambil

 

4. Mengatasi Jamur

 

Selain mencegah dan mengatasi beberapa penyakit diatas, ternyata tanaman kumis kucing ini juga mampu untuk mengatasi jamur juga lho. 

 

Kandungan yang ada pada tanaman ini memiliki fungsi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur, infeksi jamur dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kencing dan candidemia. 

 

Dengan mengkonsumsi tanaman ini kamu bisa mengobati penyakit tersebut secara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

 

BACA JUGA:Asal usul Permainan Tradisional Cuki, Hanya Dimainkan Kaum Bangsawan?

 

Nah bagaimana? sudah tahukan apa saja manfaat tanaman unik satu ini? ternyata tak hanya unik ya bund, tanaman ini juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: