Honda

Pameran Temporer se-Sumatera Selatan Sukses digelar

Pameran Temporer se-Sumatera Selatan Sukses digelar

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal dan Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Chandra Amprayadi berfoto bersama para pemenang dan peserta Pameran Bersama s-Sumsel.-Foto: Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pameran Temporer se-Sumatera Selatan dengan tema “Museum Peduli Pusaka Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal Bumi Sriwijaya” di Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) sukses digelar.

Pameran bersama yang melibatkan seluruh museum di Sumatera Selatan dan puluhan komunitas tersebut, resmi di tutup Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Dr H Aufa Syahrizal, Ahad 27 November 2022. 

“Alhamdulillah kegiatan positif mendapatkan antusias dan perhatian dari banyak orang mulai dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum maupun para asosiasi dan juga peran mereka mereka yang peduli terhadap kerusakan sejarah budaya dan kearifan lokal di bumi Sriwijaya,” jelasnya.

Dalam sambutannya tersebut, Dr Aufa tiada henti-hentinya mengapresiasi Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi yang menjadikan museum semakin dikenal dan semakin dekat di hati masyarakat.

BACA JUGA:Pameran Temporer, Momen Perkenalkan Alutsista Udara dan Laut

“Banyak sekali kegiatan yang telah digelar museum yang melibatkan generasi muda. Mulai dari lomba mewarnai yang melibatkan anak usia dini, Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP, Lomba Sang Juara tingkat SMA/SMK/MA dan berbagai kegiatan lainnya untuk menarik minat masyarakat untuk mengunjungi museum,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan literasi kepada masyarakat, terkait dengan kekayaan sejarah dan budaya yang di Sumsel.

“Insya Allah tahun depan kita akan membuat pameran senjata baik itu senjata tradisional sampai senjata modern. Kita berharap kedepan antusias masyarakat lebih banyak untuk mengetahui sejarah dan budaya Sumatera Selatan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi, mengatakan pameran bersama ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai budaya yang ada di Sumatera Selatan serta sebagai upaya melakukan pengembangan dan pemanfaatan koleksi di Museum Negeri Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Tonjolkan Pusaka Temuan Sungai Musi, Komunitas Paguyuban PPS Raih Stand Terbaik

“Alhamdulilah masyarakat antusias mengunjungi museum. Disini kenalkan kepada masyarakat,khususnya kepada pelajar untuk mengenali sejarah dan budaya mereka. Kita berharap dengan mereka cinta akan benda-benda bersejarah ini mereka dapat melestarikannya dengan mengunjungi museum,” harapnya.

Disela penutupan Pameran Temporer se-Sumatera Sleatan, museum milik Pemprov Sumsel tersebut mendapatkan hibah dua buah tombak hasil temuan sungai musi yang dihibahkan oleh Komunitas Paguyuban Palembang Pusaka Sriwijaya dan diterima langsung Kadisbudpar Sumsel, Dr H Aufa Syahrizal didampingi Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi.

Hibah tersebut hasil temuan sungai musi yang diyakini sudah ada sejak masa Kedatuan Sriwijaya sekitar abad ke-10 Masehi yang ditemukan pada dasar sungai Musi.

Kadisbudpar Sumsel, Dr H Aufa Syahrizal mengaku bersyukur atas kepercayaan masyarakat untuk menghibahkan benda yang bernilai sejarah kepada museum.

BACA JUGA:Pameran Temporer se-Sumatera Selatan Resmi Dibuka

“Apalagi ini hasil temuan Sungai dan menjadi sebuah kebanggaan bagi kita. Insya Allah akan kita pamerkan di ruang hibah dan menjadi bahan edukasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com