Honda

5 Universitas Terbaik di Palembang Berdasarkan UniRank, Yuk Cek Kampusmu?

5 Universitas Terbaik di Palembang Berdasarkan UniRank, Yuk Cek Kampusmu?

Unsri, Salah satu Universitas Terbaik di Palembang Berdasarkan UniRank-Foto: PPID Unsri-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kota Palembang memiliki banyak Universitas terbaik, baik negeri maupun swasta yang memiliki  kualitas unggul sehingga banyak diminati oleh masyarakat  Kota Palembang, Sumatera Selatan maupun di luar Sumsel.

Apalagi Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian di Sumsel.

Makanya banyak masyarakat dari daerah yang jauh-jauh datang untuk mencari ilmu pengetahuan di Kota Pempek tersebut.

Melansir dari laman resmi uniRank, uniRank merupakan direktori dan mesin pencari pendidikan tinggi internasional terkemuka, yang menampilkan ulasan dan peringkat, lebih dari 14.000 Universitas dan Kolese yang diakui secara resmi di 200 negara.

Untuk masuk ke penilaian uniRank, kampus harus memenuhi beberapa syarat di antaranya yaitu: Perguruan tinggi secara resmi diakui, dilisensikan, atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti Kementerian Pendidikan Tinggi atau organisasi akreditasi yang diakui pemerintah.

Perguruan tinggi secara resmi berlisensi atau berwenang untuk memberikan setidaknya empat tahun gelar sarjana (Sarjana) dan/atau gelar pascasarjana (S2 dan S3).

Menyediakan pembelajaran pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka tradisional, yang disampaikan melalui fasilitas di tempat.

Semua profil Universitas dan Perguruan Tinggi disertakan dan diperbarui secara gratis.

Berikut 5 Universitas terbaik di Palembang:

1.Universitas Sriwijaya

Di urutan pertama ada Universitas Sriwijaya (Unsri).

Universitas Sriwijaya adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Sumatra Selatan, Indonesia.

Universitas Sriwijaya memiliki sepuluh fakultas dengan dua lokasi kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Pada tahun 2021, Unsri mendapatkan akreditasi Unggul yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Unsri juga dinobatkan sebagai kampus terluas di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara dengan luas 712 hektare dan menduduki peringkat negara ke 51.

2.Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Universitas terbaik di Palembang selanjutnya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah.

UIN Rafah adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri satu-satunya di Palembang, yang memiliki peringkat negara 101 dan Universitas terbaik kedua di Palembang setelah Universitas Sriwijaya.

Universitas ini diberi nama Raden Fatah, yaitu seorang ulama dari Palembang dan pendiri Kerajaan Demak,

3.Universitas Bina Darma

Di urutan ketiga ada Universitas Bina Darma, yang memiliki peringkat negera 118.

Universitas Bina Darma merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Seberang Ulu, Palembang. Perguruan tinggi swasta ini berdiri di atas lahan seluas 3.057 m2.

Pada 28 Desember 1993, Yayasan Bina Darma yang diprakarsai Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc resmi berdiri dan saat ini bergerak memberikan layanan nirlaba.

4.Universitas Muhammadiyah Palembang

Universitas terbaik selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Palembang, yang memiliki peringkat negara 180.

Universitas Muhammadiyah adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di nasional, serta dikenal sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di sumatera selatan, berlokasi di Kota Palembang yang memiliki visi menjadi universitas nasional berkelas Internasional yang unggul dalam Ipteks berbasis keislaman.

Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang semula bertempat di Jalan K. H. Ahmad Dahlan Kompleks Bukit Kecil Palembang.

Sejak tahun 1981 kampus ini dipindahkan ke Jalan Jenderal Ahmad Yani 13 Ulu Palembang dan sejak itu pula pembangunan kampus terus dilaksanakan.

Saat ini kampus Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki area seluas 5 hektare, dibagi menjadi 2 (dua) kampus yaitu Kampus A (3,5 hektare) dan Kampus B (1,5 hektare), dengan gedung berlantai satu, dua, dan tiga yang terdiri dari : Kampus A seluas 3,5 hektare, dengan rincian

5.Universitas PGRI Palembang

Di posisi kelima ada Universitas PGRI Palembang, yang memiliki peringkat negara 198.

Universitas PGRI Palembang adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Per tahun 2020, universitas ini memiliki 5 buah fakultas dan 1 sekolah pascasarjana.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Palembang didirikan pada tahun 1984 oleh Panitia Pendiri STKIP PGRI dengan surat keputusan bersama PD TK.I PGRI dan YPLP–PGRI Dati I Provinsi Sumatera Selatan No. 46/SK/PP III-PGRI/XIV/83, dan No.342A/SK/YPLP PGRI tanggal 1 Desember 1983.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: